Awas, Sinar Biru Layar Setara dengan Paparan Matahari

JAKARTA-Para peneliti di Unilever, sebuah perusahaan barang konsumen multinasional, telah menemukan bahwa duduk di depan layar digital selama enam jam sehari selama lima hari kerja setara dengan menghabiskan 25 menit di bawah sinar matahari di tengah hari tanpa perlindungan apa pun.

Menurut temuan perusahaan, dua dari tiga orang tidak menyadari pengaruh cahaya biru yang dipancarkan oleh layar pada kulit. Penemuan itu berdasarkan jajak pendapat terhadap 1.318 konsumen yang dilakukan pada Agustus 2020.

Meskipun cahaya biru dapat meningkatkan kewaspadaan dan membantu memori dan fungsi kognitif, ia juga dapat menembus jauh ke dalam kulit untuk menginduksi pigmentasi, menghambat pembentukan melatonin dan meningkatkan kadar hormon stres.

Faktanya, hanya 30 jam terpapar sinar biru dari layar smartphone atau laptop dapat meningkatkan peradangan pada sel kulit hingga 40%.

“Paparan sinar biru dalam jangka panjang berpotensi memiliki dampak negatif yang signifikan pada kesejahteraan masyarakat, dan kami khawatir orang-orang tidak menyadari risikonya,” kata Samantha Tucker-Samaras, Wakil Presiden Global Sains and Technology untuk Divisi Perawatan Kecantikan Unilever, mengatakan dalam rilis perusahaan yang dikutip Sputnik Rabu 2 September 2020.

“Sangat mungkin bahwa paparan cahaya biru telah meningkat tahun ini, karena banyak pekerja yang sebelumnya berbasis kantor telah meningkatkan waktu mereka di depan layar, karena pertemuan tatap muka telah beralih ke virtual,” katanya.

“Orang harus mencari produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan, serta niacinamide dan zinc oxide. Membatasi waktu layar juga membantu, tidak hanya untuk kesehatan kulit kita secara keseluruhan, tapi juga untuk kesejahteraan kita secara umum. ”

Untuk mengalahkan layar biru dan menjaga kesehatan kulit mereka, para ilmuwan Unilever juga merekomendasikan agar orang menggunakan produk seperti vitamin C dan vitamin B6. Produk-produk ini dapat melindungi sel-sel kulit dan juga mencegah stres oksidatif yang disebabkan oleh cahaya biru.

Tags:
kesehatan kulitkomputerlayar komputerlayar laptoplayar ponselUnilever
%d blogger menyukai ini: