Awas! Sering Main Smartphone Sebelum Tidur Picu Gangguan Kesehatan Serius

18 September 2021 20:13 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

Awas! Sering Main Smartphone Sebelum Tidur Picu Gangguan Kesehatan Serius (Foto: Freepik.com/Rawpixel.com)

JAKARTA - Smartphone memang seolah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan saat ini. Dengan menggunakan smartphone, kita bisa membaca berita, melihat media sosial, membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, dan sebagainya.

Oleh karena itu, tak jarang jika kita kerap menggunakan smartphone sepanjang hari, termasuk saat malam hari sebelum tidur. Akan tetapi, ternyata ada bahaya yang mengintai dari kebiasaan menggunakan smartphone sebelum tidur. Berikut penjelasannya.

1. Membuat Otak Tetap Terjaga

Smartphone membuat kita jadi lebih produktif dan memudahkan berbagai aspek dalam kehidupan. Smartphone memang dirancang untuk menghibur dan memberikan informasi yang kita butuhkan. Akan tetapi, memeriksa ponsel secara terus menerus bahkan sebelum tidur justru merangsang otak jadi tetap aktif dan terjaga sehingga menurunkan kualitas tidur.

2. Cahaya Biru dari Layar Menekan Melatonin

Cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone dapat memberikan dampak negatif pada penglihatan dan otak Anda. Penelitian telah menemukan bahwa ada korelasi antara tingkat penekanan melatonin dan cahaya biru.

Melatonin sendiri merupakan hormon yang bertanggung jawab mengendalikan siklus bangun dan tidur. Jika tubuh kehabisan hormon melatonin, maka Anda bisa mengalami insomnia yang dapat menyebabkan kelelahan saat siang hari dan mudah marah.

Tak hanya itu, paparan cahaya biru juga memengaruhi jam tubuh internal dan mengacaukan ritme sirkadian tubuh. Ritme ini beriringan dengan cahaya terang dan gelap. Itulah mengapa Anda merasa lebih lelah saat malam dan berenergi di pagi hari.

3. Menunda Waktu Tidur

Saat Anda melihat media sosial, Anda mungkin merasakan reaksi senang dan terkadang kesal ketika membaca suatu postingan. Emosi yang keluar saat melihat postingan di media sosial tersebut dapat membuat Anda tetap terjaga saat malam hari. Rutin memeriksa ponsel apalagi sebelum tidur juga dapat menimbulkan gangguan emosi, pikiran, dan kecemasan.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka ada baiknya jika Anda menetapkan aturan dasar penggunaan smartphone sebelum tidur. Sebaiknya, 1 jam sebelum tidur Anda benar-benar tidak menggunakan smartphone sama sekali.

Sangat penting untuk menerapkan rutinitas waktu tidur yang baik, untuk mencegah gangguan kecemasan dan respons emosional yang tinggi. Namun, jika Anda benar-benar berjuang dengan membatasi waktu layar sebelum tidur, Anda bisa mencoba meletakkan ponsel di ruangan yang berbeda.

Berita Terkait