Awas! Nomor WhatsApp Bisa Dikloning dan Digunakan Orang Lain, Ini Cara Mencegahnya

26 November 2021 11:01 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Sukirno

Awas! Nomor WhatsApp Bisa Dikloning dan Digunakan Orang Lain, Ini Cara Mencegahnya (Pexels.com/Anton)

JAKARTA - Bisa dipastikan sebagian besar orang yang menggunakan smartphone memiliki aplikasi WhatsApp di ponselnya. Hal ini karena menggunakan aplikasi WhatsApp lebih mudah.

Akan tetapi, jika Anda tidak hati-hati, maka nomor WhatsApp bisa dikloning dan dibajak. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa ciri yang menandakan bahwa akun WhatsApp Anda dibajak atau dikloning.

1. Anda Tidak Dapat Masuk

WhatsApp tidak dapat digunakan pada lebih dari satu perangkat secara bersamaan. Jika Anda tidak bisa mengakses akun Anda, ada kemungkinan ada orang lain yang menggunakan akun WhatsApp Anda.

2. Periksa WhatsApp Web

WhatsApp Web merupakan fitur yang memudahkan pengguna untuk mengirim chat melalui browser. Namun sayangnya, peretas dapat memperoleh akses ke web WhatsApp Anda dan melihat log serta status obrolan Anda.

Tidak akan muncul tanda yang jelas bahwa seseorang telah meretas WhatsApp Web Anda, namun Anda bisa memeriksanya dengan membuka Menu, lalu klik WhatsApp Web. Anda akan mengetahui perangkat apa saja yang sedang mengakses akun WhatsApp Anda. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan, kemungkinan besar Anda telah diretas.

Untuk menambah keamanan Anda, sebaiknya Anda perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Gunakan Aplikasi Kunci 

WhatsApp belum memiliki fitur penguncian, tetapi Anda dapat menggunakan aplikasi kunci pihak ketiga untuk melindungi akun Anda. Unduh aplikasi kunci terkemuka, atur pola untuk membuka kunci layar WhatsApp Anda, dan Anda akan selangkah lebih maju dari para peretas.

Selalu Keluar dari Akun Anda

Baik Anda menggunakan WhatsApp versi desktop atau seluler, pastikan Anda selalu keluar dari aplikasi setelah selesai. Salah satu alasan untuk melakukan ini adalah bahwa WhatsApp mengirimkan pemberitahuan setiap kali seseorang masuk. Jika Anda selalu keluar setelah selesai, Anda akan mendapat peringatan jika orang lain menggunakan akun Anda.

Otentikasi Dua Faktor

Anda seharusnya sudah terbiasa dengan langkah keamanan ini, karena direkomendasikan untuk semua jenis akun, termasuk WhatsApp. Aplikasi sudah menggunakan enkripsi ujung ke ujung, jadi melindungi diri Anda dengan otentikasi dua faktor menciptakan penghalang yang sulit bagi peretas untuk menerobos.

Berita Terkait