Awas! Netflix Palsu Bisa Sikat Uang di Rekening hingga Ludes, Ini Cara Mencegahnya

25 November 2021 21:33 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Waspada Netflix Abal-abal Tersebar, Bisa Bikin Uang di Rekening Jadi Ludes (Pexels.com/Freestocks.org)

JAKARTA - Di era seperti saat ini, kita dimudahkan untuk menyaksikan berbagai macam tv show atau film melalui layanan streaming berbayar seperti Netflix, Viu, iQIYI, dan sebagainya. Bahkan, Anda bisa menonton film atau serial tv hanya dengan melalui smartphone. Akan tetapi, sebaiknya mulai sekarang Anda perlu waspada mengenai Netflix abal-abal atau palsu yang kini sedang marak.

Hal ini diketahui sejak perusahaan keamanan siber yaitu Kaspersky mengingatkan bahwa ada Netflix palsu yang menimbulkan kejahatan modus phishing yang akan membuat uang pengguna terkuras habis. 

Layanan streaming seperti Netflix pada umumnya menawarkan berbagai paket pembayaran, tapi biasanya melibatkan pembayaran menggunakan kartu kredit. Seperti yang kita ketahui, pembayaran menggunakan kartu ini juga rawan terkena phishing. 

Tidak hanya itu, pemegang akun mungkin juga akan mengalami berbagai bentuk umpan phishing. Phishing sendiri merupakan email atau teks palsu yang dapat membuat Anda yakin untuk membagikan informasi pribadi yang berharga seperti nomor akun, nomor jaminan sosial, ID log in dan kata sandi Anda. 

Pembajak atau scammers akan menggunakan informasi tersebut untuk mencuri uang Anda, identitas Anda, atau bahkan keduanya. Mereka bahkan juga dapat menggunakan email phishing untuk mendapat akses ke komputer atau jaringan Anda. Bahkan, jika Anda sembarangan mengklik tautan tertentu, mereka juga dapat menginstal ransomware atau program lain yang dapat mengunci Anda untuk mengakses data Anda sendiri.

Scammers sering menggunakan nama perusahaan yang terkenal atau berpura-pura menjadi seseorang yang Anda kenal. Contoh yang ada di dunia nyata saat ini adalah layanan streaming populer seperti Netflix. 

Scammers akan membuat situs palsu yang tampilannya sangat mirip dengan asli. Selain itu, penipu mungkin juga akan mengirim email palsu yang akan memberitahu pelanggan Netflix bahwa mereka memiliki masalah pada akunnya, dan baru bisa selesai jika pengguna memperbarui metode pembayaran.

Di dalam email yang dikirim tersebut akan terdapat link yang menuju ke pembayaran palsu. Jika Anda mengisi formulir tersebut, maka sama saja Anda memberikan informasi yang dibutuhkan penipu untuk meretas akun dan mencuri yang Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu waspada. Berikut cara menghindari penipuan secara online yang perlu Anda lakukan, seperti yang dilansir dari situs Kaspersky.

1. Jangan mengklik sembarang tautan yang ada di dalam email, meskipun email tersebut tampaknya dikirim oleh layanan streamin asli. Sebaiknya, bukalah situs web resmi dengan memasukkan alamat secara manual atau melalui aplikasi.

2. Jangan mempercayai orang atau situs manapun yang akan memberikan penayangan film atau acara apapun sebelum pemutaran perdana resmi.

3. Perhatikan peringatan yang biasanya muncul pada browser yang bisa mendeteksi bahwa Anda mengakses email phishing atau situs web palsu.

4. Tetap waspada dan baca lebih lanjut tentang penipuan dan skema phishing untuk mempelajari cara merasakan email dan situs web mana yang dapat dipercaya, dan mana yang harus Anda hindari.

5. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk semua akun.

6. Gunakan solusi keamanan andal yang mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs web phishing.

Berita Terkait