Arus Balik Normal, Penumpang KAI Tiba di Jakarta Dipastikan Memenuhi Persyaratan dan Sehat

04 Januari 2022 03:00 WIB

Penulis: Adinda Purnama Rachmani

Editor: Rizky C. Septania

Aturan PT KAI menjelang Libur Natal dan Tahun Baru 2022 (PT Kereta Api Indonesia )

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) (PTKAI) Daop 1 Jakarta melaporkan keberangkatan pengguna jasa kereta api (KA) pada Senin, 3 Januari 2022 terpantau normal dengan jumlah volume penumpang sekitar 4 ribu orang dengan 20 erjalanan dari Stasiun Senen, dan 2.400 pengguna dari 29 perjalanan di Stasiun Gambir.

Sejak libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) kedatangan total per hari ini terdapat sekitar 13 ribu pengguna yang tiba di Jakarta.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa mengatakan dipastikan seluruh pengguna KA yang datang dan berangkat telah memenuhi persyaratan vaksin, pemeriksaan antigen COVID-19 antigen dan PCR dengan hasil negatif.

"Jika terdapat persyaratan yang tidak dapat dipenuhi penumpang, maka perjalanan dibatalkan dengan pengembalian bea tiket penuh," ucap Eva Chairunisa, dalam keterangan resmi yang diterima Trenasia.com, Senin, 3 Januari 2022.

Adapun ketentuan pembatalan tiket penggantian 100% sebagai berikut :

1. Proses pembatalan dapat dilakukan selambatnya 3 hari kedepa (H+3) dari jadwal keberangkatan.

2. Pemabatalan dilakukan di loket stasiun atau Contact Center 121.

3. Untuk pembatalan di loket bea tiket dikembaikan secara tunai.

4. Untuk pembatalan melalui CC 121 bea tiket dikembalikan melalui sistem transfer bank dengan proses 14 hari.

Secara keseluruhan operasional liburan Nataru di masa pandemi berjalan kondusif dan lancar. Volume penumpang berangkat dan datang tidak mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun lalu.

Namun, jika dibandingkan dengan Nataru 2019 sebelum pandemi, volume penumpang mengalami penurunan sekitar 60% hingga 70%.

Berita Terkait