Aplikasi Bibit Hingga Ajaib, Mana yang Paling Aman untuk Pemula ?

02 Desember 2021 16:15 WIB

Penulis: Azura Azka Syavira

Editor: Vega Aulia

Aplikasi investasi reksa dana online Bibit dan Ajaib (bibit.id/ajaib.co.id)

JAKARTA - Pesatnya media digital sangat mempermudah kita untuk mengakses segala bentuk kegiatan, salah satunya adalah berinvestasi. 

Aplikasi-aplikasi berikut dapat membantu investor pemula untuk berinvestasi secara aman dan nyaman dengan layanan rekomendasi instrumen yang tepat hingga informasi perusahaan, agar bisa menekan angka kerugian dan memaksimalkan keuntungan.

1. Bibit

Aplikasi Bibit user interface sangat mudah untuk dipahami bagi para pemula yang baru saja belajar berinvestasi, khususnya di produk reksa dana. Aplikasi Bibit memiliki beberapa jenis produk reksa dana seperti reksa dana pasar uang, obligasi atau pendapatan tetap, reksa dana saham, dan reksa dana syariah. 

Bibit memiliki fitur yang dinamakan robo advisor untuk memberikan rekomendasi reksa dana berdasarkan profil, usia, penghasilan, hingga target dan risiko investasi sehingga investor tidak bingung ke mana dana yang dimiliki disimpan.

Tak hanya pendaftarannya yang dapat dilakukan secara online, untuk setiap pembelian reksa dana di Bibit juga tidak dikenakan biaya komisi. Dana investasi Bibit bisa dicairkan kapan saja tanpa biaya penalti. 

Dengan modal awal hanya Rp10.000, investor sudah bisa melakukan transaksi investasi dan mempelajari dunia pasar modal lebih dalam tanpa khawatir mengalami kerugian besar.

2. Stockbit 

Aplikasi yang sudah terdaftar di OJK ini awalnya merupakan sebuah forum tukar informasi para investor terkait emiten ataupun rekomendasi saham. 

Forum ini kemudian bertransformasi menjadi sebuah aplikasi investasi saham yang dilengkapi dengan fitur komunitas sehingga para investor dapat dengan mudah untuk berdiskusi, menganalisis, hingga trading saham bersama dengan investor lainnya. 

Di aplikasi ini investor bisa melakukan online trading saham, memanfaatkan fitur belajar saham dan mendapatkan simulasi jual beli saham secara online.

3. Bareksa 

Sama dengan aplikasi lainnya, segala aktivitas mulai dari pendaftaran hingga transaksi Bareksa dilakukan secara online. Aplikasi Bareksa sudah mendapatkan izin OJK dengan menawarkan lebih dari 150 produk reksadana, baik konvensional maupun syariah. 

Selain itu, tidak hanya reksa dana, Bareksa juga menyediakan investasi obligasi. Dengan aplikasi ini, kita bisa melakukan simulasi pergerakan dana dan memperkirakan untung rugi yang akan didapat.

4. Ajaib 

Aplikasi investasi saham yang dinaungi oleh PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia ini memiliki panduan dan rekomendasi produk yang sesuai, juga memberi profit dengan merujuk pada kondisi keuangan investor.

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta orang dan juga sudah mendapatkan izin beroperasi dari BEI dan OJK. Selain tampilan interface-nya yang mudah dipahami, aplikasi Ajaib juga menyediakan secara lengkap informasi mengenai waktu jual beli saham terbaik hingga investor dapat memaksimalkan keuntungan yang diperoleh.

5. Indo Premier Online Technology (IPOT)

IPOT berasal dari perusahaan Indo Premier Sekuritas yang tidak hanya menawarkan investasi untuk individu tapi juga untuk korporasi. 

Perusahaan ini memiliki beberapa layanan yaitu investasi reksa dana, perencanaan keuangan, investment banking (untuk institusi/korporat), equity sales & trading (khusus insitusi dan korporat), serta fixed income sales and trading (institusi/korporat).

Setelah merambah ke dunia digital, IPOT mengembangkan fitur Robo Trading dan Fund Evaluator di mana fitur ini bisa menjalankan instruksi order jual dan beli saham dengan harga yang sudah ditentukan. 

Berita Terkait