Antusias Pasar Turun, Traveloka Dikabarkan Batal Listing di AS via SPAC

08 September 2021 11:52 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Amirudin Zuhri

Logo Traveloka. / Dok. Traveloka

JAKARTA – Start up Traveloka dikabarkan menghentikan pembicaraan untuk go public di Bursa Efek Amerika Serikat melalui special purpose acquisition company (SPAC), Bridgetown Holdings Ltd.

Melansir laporan Bloomberg, Rabu 8 September 2021, dewan direksi Traveloka mengurungkan listing dikarenakan antusiasme di pasar SPAC telah berkurang. Traveloka kemungkinan akan mengeksplorasi go public melalui penawaran umum perdana tradisional di AS sebagai gantinya.

“Jika pasar pulih, Traveloka dapat meninjau kembali pembicaraan dengan Bridgetown atau SPAC. Kedua belah pihak akan terus memantau situasi dalam beberapa minggu mendatang,” kata narasumber yang enggan disebutkan identitasnya.

Sebagaimana diketahui, Traveloka telah melakukan pembicaraan dengan Bridgetown sejak April karena mencari dana untuk memperluas jangkauan geografis serta jangkauan layanan. Kesepakatan itu bisa membuat perusahaan bernilai sekitar US$5 miliar.

Pada awal Februari 2021, CEO Traveloka Ferry Unardi menyatakan perusahaan akan listing di Amerika Serikat tahun ini untuk mengumpulkan dana menggunakan perusahaan akuisisi bertujuan khusus (SPAC). 

Ia menilai SPAC sangat efisien. Ferry menambahkan bahwa pihaknya dapat mempertimbangkan untuk listing di bursa efek di Indonesia pada tahap selanjutnya.

“Jika kami dapat melakukannya lebih cepat, kami kemudian dapat fokus pada eksekusi dan mengembangkan perusahaan,” katanya dikutip Bloomberg, Rabu 17 September 2021.

Berita Terkait