Anies Baswedan Buka Lagi Car Free Day Jakarta Mulai 21 Juni

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali membuka Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) alias Car Free Day (CFD) mulai Minggu, 21 Juni 2020.

Bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Anies menyusuri kawasan Jalan Jenderal Sudirman dan Thamrin di pusat Ibu Kota mengendarai sepeda pada Minggu pagi, 14 Juni 2020. Antusiasme masyarakat terhadap pembukaan CFD di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) sangat tinggi.

“Antusiasmenya tinggi sekali. Volumenya banyak,” ujar Anies saat meninjau HBKB di Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu, 14 Juni 2020.

Situasi itu nampak dari pengguna sepeda yang ramai meski Pemprov DKI hanya membuka satu lajur di kawasan jalan protokol ini. Anies berjanji mulai pekan depan, seluruh lajur sepeda di kawasan Bundaran HI akan dibuka untuk publik.

“Minggu depan sepenuhnya untuk sepeda, jalan kaki, dan pelari, yang berolahraga jalur ini full,” tegasnya.

Bekas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini juga bilang tingkat kedisiplinan masyarakat terhadap penggunaan masker di lokasi tersebut juga terbilang patuh. Bahkan, pengguna sepeda juga mayoritas memakai masker.

Kendati demikian, terkait penggunaan pelindung wajah (face shield) bagi pengunjung HBKB, Anies menyerahkan hal tersebut kepada ahlinya. “Saya pakai masker kalau duduk, bicara. Kalau hari-hari naik sepeda pakai face shield susah nafasnya,” kata Anies.

Pembukaan jalur sepeda dan pejalan kaki menjadi tahap awal pemberlakuan CFD dengan tetap menjaga jarak fisik. Kendaraan bermotor juga akan kembali dilarang melintas saat HBKB seperti sebelumnya.

Akan tetapi, Anies belum menentukan jam operasional tahap awal pembukaan kembali HBKB di Jakarta. HBKB atau CFD memang telah dihentikan sejak 11 Maret untuk menghindari penyebaran COVID-19 yang mulai merebak sejak 2 Maret 2020. (SKO)

Tags:
Ahmad Riza PatriaAnies BaswedanCar Free DayCovid-19dki jakartalalu lintaspemprov DKI JakartaPSBB Transisi
%d blogger menyukai ini: