Anak BUMN Wijaya Karya Ekspor 15.000 Set Produk Komponen Mobil ke Thailand

14 Agustus 2021 19:43 WIB

Penulis: Muhamad Arfan Septiawan

Editor: Sukirno

PT WIKA Industri & Konstruksi (WIKA IKON) tengah menggenjot kinerja ekspor komponen mobil ke pasar Asia Tenggara / Pixabay (Pixabay)

JAKARTA – PT WIKA Industri & Konstruksi (WIKA IKON) tengah menggenjot kinerja ekspor komponen mobil ke pasar Asia Tenggara. Anak usaha emiten pelat merah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) ini tercatat telah resmi mendapatkan pesanan komponen mobil sebanyak 15.000 set.

Sebanyak 15.000 set komponen mobil itu berupa Roof Rack Set yang diproduksi Pabrik Plastic, Pressing & Casting (PPC) WIKA IKON sudah memasuki pengiriman ketiga ke produsen Toyota Fortuner di Thailand, ITOCHU, pada akhir Juli 2021.

Komponen buatan WIKA IKON ini bakal melengkapi kerangka atap mobil Toyoita Fortuner yang diproduksi di Negeri gajah Putih tersebut. Sekretaris perusahaan WIKA Mahendra Vijaya mengatakan keberhasilan menembus ekspor ini bakal semakin memperkuat neraca perdagangan Indonesia.

Selain itu, dirinya menyebut bakal ada kerja sama lanjutan antara WIKA IKON dan ITOCHU. Kedua pihak tengah merencanakan product development design jangka panjang untuk memacu kualitas produk otomotif di Asia Tenggara.

“Harapannya atas ekspor ini menjadi tolak ukur atas sebuah optimisme WIKA IKON dalam menghasilkan produk-produk Part Automotive berkualitas yang diakui dunia," terang Mahendra dalam keterangan resmi, Sabtu, 14 Agustus 2021.

Rencana pengiriman komponen ini secara keseluruhan terbagi dalam 6 Batch. Batch pertama dan kedua telah dilaksanakan di bulan Maret dan Mei 2021 lalu, Batch selanjutnya akan dilaksanakan pada September 2021.  

Berita Terkait