Kereta Api Indonesia
Nasional

Erick Thohir Akan Bentuk Ekosistem Kereta Kargo Seperti di Sumatera

  • Kementerian BUMN melalui Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengklarifikasi berita yang beredar bahwa Menteri BUMN Erick Thohir akan mengubah Kereta Api (KA) Argo Parahyangan menjadi kereta kargo.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Kementerian BUMN melalui Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengklarifikasi berita yang beredar bahwa Menteri BUMN Erick Thohir akan mengubah Kereta Api (KA) Argo Parahyangan menjadi kereta kargo.

Hal itu berkaitan dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang akan beroperasi pada pertengahan tahun 2023.

Arya menambahkan, yang dimaksud Erick Thohir adalah ekosistem kereta kargo di Indonesia itu harus segera dibangun, karena adanya potensi serta peluang bisnis yang besar dan harus segera dimanfaatkan oleh pemerintah untuk melayani kebutuhan masyarakat.

"Bukan (mengganti KA Argo jadi kereta kargo), itu Pak Erick cerita mengenai ekosistem kereta. Kita kan belum punya kereta barang di sini, padahal di Sumatera itu full kereta logistik," kata Arya saat ditemui awak media di Kementerian BUMN, Selasa, 6 Desember 2022.

Ia menjabarkan, eksistensi kereta kargo atau logistik di Sumatera mencatatakan kinerja yang sangat baik. Hal itu berbanding terbalik dengan KA penumpang yang ada di Pulau Jawa saat masa awal pandemi COVID-19.

Maka dari itu, ia memastikan Erick Thohir sedang berusaha untuk mengusulkan pembangunan ekosistem kereta logistik seperti yang beroperasi di wilayah Sumatera.

"Justru di Sumatera itu, yang bertahan saat pandemi adalah kereta logistik. Ketika di Jawa penumpang turun, di Sumatera itu naik. Sementara di Jawa belum terbangun ekosistemnya," ungkapnya.

"Jadi bukan otomatis pengganti (KA Argo Parahyangan jadi kereta logistik) itu. Tapi pak Erick cerita mengenai ekosistem dari kereta logistik," tambahnya.

Sebelumnya, Erick Thohir mengatakan bahwa kebijakan terkait penghentian operasional KA Argo Parahyangan tergantung dari kebijakan pemerintah, dalam hal itu adalah Kementerian Perhubungan.

Karena, banyak masyarakat yang mempertanyakan nasib dari KA Argo Parahyangan apabila nanti KCJB akan beroperasi pada pertengahan tahun 2023.

"Kebijakan untuk operasional KA Argo Parahyangan itu bukan di saya, itu kembali ke Kementerian Perhubungan," tuturnya.