Amerika Serikat Izinkan Vaksin COVID-19 Pfizer untuk Anak-anak Usia 5-11 Tahun

11 September 2021 14:35 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Sukirno

Amerika Serikat Izinkan Vaksin COVID-19 Pfizer untuk Anak-anak Usia 5-11 Tahun

JAKARTA - Pejabat tinggi kesehatan AS percaya bahwa vaksin COVID-19 Pfizer Inc dapat disahkan untuk diberikan kepada anak-anak yang berusia 5-11 tahun pada akhir Oktober mendatang.

Mengutip dari Reuters, timeline ini ditentukan didasarkan pada harapan bahwa Pfizer telah memiliki cukup data dari uji klinis untuk mencari otorisasi penggunaan darurat (EUA) untuk kelompok usia tersebut dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menjelang akhir bulan.

Mereka mengantisipasi FDA dapat membuat keputusan tentang apakah suntikan itu aman dan efektif pada anak-anak yang lebih kecil dalam waktu tiga minggu setelah pengajuan EUA.

Keputusan pengesahan vaksin untuk anak-anak yang lebih muda sangat diantisipasi oleh jutaan orang Amerika, terutama orang tua yang anaknya sudah mulai sekolah dalam beberapa pekan terakhir di tengah adanya gelombang infeksi yang disebabkan karena varian Delta.

Pakar penyakit menular AS, Dr. Anthoni Fauci menguraikan jadwal selama pertemuan balai kota secara online yang dihadiri oleh ribuan staf di National Institutes of Health (NIH) pada hari Jumat. Sumber kedua mengatakan  bahwa FDA akan mengantisipasi jadwal yang sama untuk Pfizer.

Jika Pfizer menyerahkan EUA-nya pada akhir September dan data mendukung penggunaannya, maka minggu pertama bulan Oktober produk Pfizer kemungkinan akan siap untuk digunakan.

Sedangkan Moderna Inc, kemungkinan akan memakan waktu sekitar tiga minggu lebih lama daripada Pfizer untuk mengumpulkan dan menganalisis datanya tentang anak-anak berusia 5-11 tahun. 

Berita Terkait