Amerika Khawatirkan Varian Corona California

January 19, 2021, 11:34 AM UTC

Penulis: AZ

Ilustrasi/ugm.ac.id

CALIFORNIA-Varian virus Corona yang mengkhawatirkan ditemukan di California – termasuk wabah besar di San Jose di mana pohon Natal bertenaga udara menyebabkan 90 infeksi.

Para ilmuwan belum tahu apakah varian yang disebut L452R lebih dapat menular daripada jenis SARS-CoV-2 lainnya, virus yang menyebabkan COVID-19. Tetapi kehadirannya di beberapa wabah yang tidak terkait membuat pejabat kesehatan waspada.

“Fakta bahwa varian ini diidentifikasi dalam beberapa wabah besar di daerah kami adalah bendera merah dan harus diselidiki lebih lanjut,” kata petugas kesehatan Santa Clara County Sara Cody dalam sebuah pernyataan yang dikutip Live Science Selasa 19 Januari 2021.

Varian L452R berbeda dari varian B.1.1.7 yang pertama kali ditemukan di Inggris dan kemudian ditemukan di Colorado dan sembilan negara bagian Amerika lainnya. Para peneliti menghitung bahwa varian B.1.1.7 antara 50% dan 74% lebih dapat ditularkan daripada jenis virus corona standar.

Strain baru itu dapat mendominasi kasus virus korona Amerika pada Maret, mengingat kecenderungannya untuk menyebar. Untungnya, vaksin kemungkinan besar akan bekerja melawan varian B.1.1.7. Tetapi varian ini dapat memberikan tekanan yang parah pada sistem perawatan kesehatan dan menyebabkan kematian meningkat sebelum sebagian besar populasi mendapat vaksin.

Semakin Umum

Sedikit yang diketahui tentang L452R. Varian itu pertama kali terdeteksi pada Mei 2020, tetapi menjadi semakin umum sejak musim gugur. Menurut Eureka Times-Standard, varian L452R ditemukan di sekitar 3,8% kasus yang mengikuti urutan gen pada bulan November.

Pada akhir Desember hingga awal Januari, varian tersebut diwakili dalam 25,2% sampel virus yang diurutkan. Menurut Departemen Kesehatan Masyarakat Santa Clara County, varian baru telah ditemukan di Santa Clara County, Humboldt, Lake, Los Angeles, Mono, Monterey, Orange, Riverside, San Francisco, San Bernardino, San Diego dan San Luis Obispo counties. Tetapi terlalu dini untuk mengatakan berapa banyak kasus secara keseluruhan di California yang disebabkan oleh varian L452R.

Para peneliti mengkhawatirkan L452R, karena beberapa mutasinya memengaruhi protein lonjakan virus, kunci yang digunakan virus untuk memasuki sel. Protein lonjakan adalah target vaksin virus corona Pfizer, Moderna dan AstraZeneca, serta beberapa vaksin menjanjikan yang masih dalam uji coba, termasuk vaksin Novavax dan vaksin Johnson & Johnson. Mutasi pada lonjakan protein dapat membuat varian SARS-CoV-2 tersebut tidak terlalu rentan terhadap vaksin.

“Terlalu dini untuk mengetahui apakah varian ini akan menyebar lebih cepat daripada yang lain, tetapi hal itu tentunya memperkuat kebutuhan semua warga California untuk memakai masker dan mengurangi berkumpul dengan orang-orang di luar rumah untuk membantu memperlambat penyebaran virus,” kata Pan.