Ambil Alih Cucu Usaha TelkomSigma, Telkom Rogoh Kocek Rp2,56 Triliun

09 Mei 2022 17:00 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Rizky C. Septania

Gedung kantor Telkom di kawasan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengumumkan transaksi pengambilalihan saham cucu usaha perseroan, PT Sigma Cipta Caraka (TelkomSigma) yang menelan biaya hingga Rp2,59 triliun.

Transaksi tersebut dalam rangka memenuhi ketentuan Pasal 6 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.42/POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan (POJK 42/2020).

“Dengan ini kami sampaikan bahwa pada tanggal 24 Desember 2021 telah dilakukan Transaksi Afiliasi berupa Pengambilalihan Saham PT Sigma Cipta Caraka (TelkomSigma) dengan Cara Penyetoran Uang Tunai oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk,” tulis Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya dalam keterbukaan informasi, Senin 9 Mei 2022.

Asal tahu saja, TelkomSigma merupakan anak perusahaan dari PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra) dengan kepemilikan 100% sejak 14 April 2022. Sementara TelkomMetra merupakan anak perusahaan dari Telkom dengan kepemilikan sebesar 99,99%.

Setelah ini, maka kepemilikan saham TelkomSigma menjadi 56,39% dimiliki oleh Telkom dan 43,61% dimiliki oleh TelkomMetra.

Budi menerangkan, transaksi ini juga dilakukan untuk menguatkan dan mentransformasi TelkomSigma menjadi anak perusahaan Telkom. 

“Hal ini merupakan salah satu inisiatif strategis untuk mengakselerasi Telkom Sigma menjadi B2B IT Digital Service Leader Company.”

Berita Terkait