Amazon Incar Akuisisi Perusahaan Podcast Wondery

04 Desember 2020 06:02 WIB

Penulis: Gloria Natalia Dolorosa

JAKARTA – Amazon sedang menimbang untuk membeli perusahaan rintisan podcast Wondery.

Dikutip dari Business Insider, pembicaraan awal bersifat eksklusif dan menandakan Amazon berencana terjun lebih dalam ke pasar audio konsumen.

Wondery adalah produsen podcast independen terbesar di dunia dengan lebih dari 100 podcast saat ini dan 58 juta streaming atau unduhan.
Wondery ialah penerbit podcast terbesar keenam di Amerika Serikat, dengan 8 juta pendengar unik pada Oktober 2020.

Sumber mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa pembicaraan Wondery dengan Amazon bernilai lebih dari US$300 juta. Orang-orang yang mengetahui pembicaraan tersebut mengatakan bahwa diskusi awal masih diadakan dan kesepakatan potensial masih bisa tercapai.

Pada awal November, Apple dan Sony termasuk di antara empat perusahaan yang mengadakan pembicaraan untuk menjajaki pembelian Wondery yang didirikan pada 2016 itu. Perusahaan rintisan podcast tersebut mencari dana US$ 300 juta hingga US$ 400 juta yang jika dipenuhi akan menjadi kesepakatan terbesar industri podcast yang pernah ada.

Berita tentang potensi akuisisi Wondery dari Amazon datang saat arena podcast terus berkembang. Pada 2019, Spotify mengakuisisi Gimlet Media and Anchor senilai US$340 juta.

Mei 2020 kesepakatan lisensi multi-tahun dengan Joe Rogan ditandatangani, memberikan hak eksklusif kepada platform tersebut untuk menyelenggarakan episode penuh podcast populernya, “The Joe Rogan Experience.”

Spotify juga membuat kesepakatan dengan Kim Kardashian West pada Juni 2020 untuk podcast eksklusif yang akan menampilkan karyanya dengan Innocence Project. Spotify dilaporkan sedang mempertimbangkan paket berlangganan khusus podcast.

Berita Terkait