Alibaba Buka Hub E-Commerce Pertama di Eropa

TrenAsia (TA) - JAKARTA. Raksasa e-commerce asal China Alibaba menjalin kerjasama dengan pemerintah Belgia untuk menciptakan hub perdagangan yang akan membantu pengusana di negara tersebut untuk menjual produknya ke luar negeri. Hal ini merupakan bagian dari Electronic World Trade Platform (eWTP) yang digagas pertama kali oleh pendiri Alibaba, Jak Ma pada tahun 2016.

Belgia merupakan negara pertama di Eropa yang menandatangani eWTP. Platform ini akan membantu pengusaha kecil dan menengah untuk menjual produknya ke luar negeri. Selama ini, perdagangan ke luar negeri yang dilakukan secara tradisional dinilai rumit dan memakan biaya yang besar.

Dalam program ini, Alibaba melalui perusahaan logistiknya Cainiao akan membuka gudang di Liege, Belgia. Gudang tersebut akan membantu pengiriman produk dari Eropa ke China. Alibaba memang telah berjanji untuk membantu impor barang berkualitas dari dunia ke China senilai US$ 200 miliar selama lima tahun ke depan.

Selain Belgia, Malaysia dan Rwanda juga telah menyusun hub e-commerce sebagai bagian dari inisiatif eWTP. “Kami sangat yakin lewat eWTP, kami bisa membuka potensi yang besar bagi bisnis di Eropa untuk meraih keuntungan dari perdagangan lintas batas, terutama ke pasar China di mana permintaan akan produk Eropa sangat tinggi,” kata Daniel Zhang, CEO Alibaba dalam siaran persnya, Rabu (5/12). (Hidayat, SN)