Alfamart Raih Penghargaan Best CEO of the Year 2020

November 25, 2020, 08:26 PM UTC

Penulis: GND

Presiden Direktur Alfamart, Anggara Hans Prawira,meraih penghargaan Best CEO of the Year 2020 dalam acara People of the Year 2020. Dok: Alfamart.

JAKARTA – Presiden Direktur Alfamart, Anggara Hans Prawira, meraih penghargaan Best CEO of the Year 2020 dalam malam anugerah People of the Year 2020.

Dalam acara yang digelar Metro TV pada Rabu, 24 November 2020 itu, Hans Prawira menyabet penghargaan tersebut atas kepemimpinannya dalam melahirkan inovasi dan tata kelola bisnis perusahaan.

Dari penjurian yang dilakukan, Hans Prawira dinilai berhasil dalam tumbuh kembang perusahaan dengan pesat dan mampu melahirkan inovasi bagi kemajuan perusahaan.

Penjurian melibatkan sejumlah dewan juri yang terdiri dari akademisi, praktisi, pengamat dan pimpinan Metro TV sebagai pihak internal.

“Penghargaan ini bukan untuk saya pribadi, namun untuk semua keluarga besar Alfamart baik yang bertugas di toko, gudang maupun di kantor. Semoga ini bisa memacu kita untuk lebih baik lagi melayani Indonesia,” katanya dalam siaran pers.

Salah satu indikator penilaian dari tim juri yakni melihat kepedulian dan konsistensi terhadap pemberdayaan pelaku UKM. Ia mengakui, sebagai toko komunitas, Alfamart harus memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar.

Komitmen ini ditegaskan melalui berbagai program Alfamart yang berfokus kepada penguatan peran UKM. Pemberdayaan dilakukan kepada pengusaha kecil, melalui program outlet binaan Alfamart, tenant UKM, maupun distribusi produk hasil olahan pelaku UKM.

“Apalagi dalam kondisi pandemi saat ini, Alfamart mengerti kesulitan banyak pelaku UKM dan berupaya membantu mereka untuk bertahan agar bangkit kembali,” ujar Hans.

Salah satunya, menurutnya, menggratiskan biaya sewa tenant selama April dan Mei, diskon 50% pada Juni-Juli dilanjutkan bayar 2 bulan dapat masa sewa 3 bulan. Atau bayar 4 bulan dapat masa sewa 6 bulan untuk UKM tenant baru pada Agustus hingga Desember 2020.

Perusahaan juga aktif merekrut penyandang disabilitas sebagai karyawan. Ratusan karyawan disabilitas telah bergabung dengan Alfamart melalui program Alfability.

Hans mengatakan melalui Alfability, perusahaan mengakomodir dan menghargai keberagaman karyawannya. Juga memungkinkan kontribusi mereka secara penuh dan tanpa diskriminasi bagi semua orang, termasuk penyandang disabilitas.

“Untuk itu, Alfamart membuka diri kepada teman-teman disabilitas untuk bekerja, berkontribusi bagi Indonesia bersama kami,” kata Hans.
Hingga November 2020 , sudah ada 678 karyawan disabilitas yang tersebar di seluruh kantor cabang Alfamart, mulai dari toko, gudang, maupun kantor.