Akuisisi Softex Indonesia, Kimberly-Clark Corp Keluarkan Hampir Rp18 Triliun

JAKARTA – Perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Kimberly-Clark Corp kepincut PT Softex Indonesia. Alhasil, perusahaan berhasil mengakuisisi Softex Indonesia senilai US$1,2 miliar atau Rp17,73 triliun (Kurs US$1= Rp14.775).

Dengan perjanjian tersebut Kimberly-Clark Corp berhak mengambil alih Softex Indonesia dari para pemegang sahamnya, termasuk CVC Capital Partners Asia Pasifik.

“Softex Indonesia memiliki bisnis yang kuat dan selalu tumbuh serta menguntungkan dengan portofolio merek yang disukai konsumen Indonesia,” kata Aaron Powell, President of Kimberly-Clark’s Asia-Pacific consumer business, dikutip dari Reuters, Senin, 7 September 2020.

Powell menerangkan pasar popok di Indonesia mencapai US$1,6 miliar atau tercatat sebagai terbesar keenam di dunia. Sekitar 80% pendapatan Softex Indonesia dikontribusikan dari penjualan popok. Sementara lainnya berasal dari produk perawatan orang dewasa dan wanita.

Sedangkan, Kimberly-Clark Corp merupakan perusahaan pemegang merek  tisu toilet Cottonelle, tisu wajah Kleenex, serta popok Huggies.\

Aksi berani ini dikatakan Powell karena pandemi COVID-19 tidak banyak mempengaruhi laba per saham perusahaan pada 2020 dan 2021.

Namun, untuk merealisasi rencana ini Kimberly-Clark Corp mendapatkan kucuran dana akuisisi dari utang dan kas perusahaan. Powell optimistis akuisisi bakal rampung pada semester IV-2020 nanti.

Tags:
AkuisisiHeadlineKimberly-Clark CorpSoftex Indonesia
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: