Aksi Grup Lippo: Matahari Akuisisi 16,4 Persen Saham Nobu Bank

JAKARTA – Emiten ritel PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) dikabarkan telah membeli 728 juta lembar saham atau 16,4% modal disetor PT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU) alias Nobu Bank. Pembelian saham sesama Grup Lippo ini akan dilakukan dalam tiga tahap dengan nominal Rp755 per lembar saham atau Rp546,64 miliar secara keseluruhan.

Tahap pertama akan dilakukan pada 4 November 2020 dengan total saham sebanyak 265 miliar atau Rp302 miliar. Tahap kedua akan dilaksanakan pada 11 November 2020 dengan total sebanyak 199 miliar saham atau Rp196,3 miliar. Lalu tahap ketiga dilaksanakan pada 28 Desember 2020 dengan jumlah saham 198,3 miliar lembar dan nominal Rp51,34 miliar.

“Tahap ketiga akan dilaksanakan pada atau tidak lebih dari periode di atas sesuai dengan kebijakan perseroan sendiri,” terang Manajemen LPPF dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis, 5 November 2020.

Manajemen LPPF menjelaskan, akuisisi ini didorong oleh kecenderungan konsumen yang mulai gemar berbelanja melalui kanal satu pintu atau omnichannel. Pasalnya, kini ekosistem digital kian memaksa perbankan dan peritel untuk bekerja sama demi memenuhi konvergensi aliansi maupun kemitraan.

Dengan adanya akuisisi ini, maka LPPF bakal semakin mudah membangun layanan keuangan kepada pelanggan. Ekosistem digital untuk pelanggan juga dapat tercipta sehingga memberi nilai tambah bagi perseroan.

Selain itu, akuisisi ini juga bisa memperkuat jaringan rantai pasok LPPF melalui fasilitas pembiayaan bagi pemasok maupun pelanggan.

“Sinergi dari layanan bersama tersebut di atas dan pengurangan beban perseoran atas pengambilan uang tunai perseroan dari gerai-gerainya, dan diversivikasi aliran pendapatan perseroan,” pungkas Manajemen LPPF.

Sebagai informasi, Matahari dan Bank Nobu merupakan perusahaan yang sama-sama dimiliki oleh konglomerat Mochtar Riady. Mochtar merupakan penerima manfaat akhir dari Grup Lippo. (SKO)

Tags:
Aksi korporasiAkuisisiakuisisi sahamakuisisi saham nobuemiten ritelkonglomeratLippo GroupLPPFMatahari Departement StoreMochtar RiadyNOBUnobu bankperbankanPT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU)
Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: