Akselerasi Pengembangan SDM Digital, Pemerintah Targetkan 50 Juta Penduduk Terliterasi Secara Digital di 2024

07 September 2021 08:58 WIB

Penulis: Ismail Pohan

Editor: Ismail Pohan

Pedagang mengoperasikan gawai di salah kios pasar tradisional kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Selasa, 7 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

Semakin intensifnya penggunaan internet oleh masyarakat, membuat pengguna internet aktif di Indonesia setidaknya bertambah menjadi 196, 7 juta. Pemerintah pun ingin memastikan setiap anak bangsa mampu mengoptimalkan kebermanfaatan internet yang salah satunya ditandai dengan potensi digital ekonomi Indonesia yang diproyeksi mencapai sekitar USD 124 miliar pada tahun 2025 mendatang. 

Pemerintah melalui Kementerian Kounikasi dan Informatika tengah melakukan akselerasi pengembangan SDM digital, sehingga ditargetkan sekitar 12,5 juta penduduk per tahun atau 50 juta penduduk Indonesia yang akan teritelasi secara digital hingga 2024. Jumlahnya diharapkan terus meningkat hingga mencapai 100 juta masyarakat pada pemerintahan selanjutnya.

Beberapa program juga sedang dilakukan oleh pemerintah secara simultan, bersama-sama. Diantaranya, menyelesaikan pembangunan Teknologi Informasi Komputer (TIK), melaksanakan pemerintahan digital meliputi e-government dan e-governance, serta menciptakan masyarakat yang memanfaatkan dan menguasai digital ekonomi nasional dan membangun masyarakat digital.

Pemerataan pembangunan infrastruktur digital atau TiK harus juga diimbangi tersedianya pembangunan masyarakat dalam pengembangan potensi internet, harus secara merata dan di saat yang bersamaan menyiapkan SDM yang memadai.

Pembangunan SDM yg memadai ditujuan agar masyarakat siap dalam memanfaatkan hadirnya internet sekaligus menangkis dampak negatif dengan hadirnya internet. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Berita Terkait