AKR Corporindo dan Freeport Kerja Sama Sewa Lahan untuk Smelter di KEK JIIPE Gresik

28 Agustus 2021 15:07 WIB

Penulis: Aprilia Ciptaning

Editor: Laila Ramdhini

Kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur/ Jiipe.com

JAKARTA – PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) melalui anak usahanya, PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), menandatangani Perjanjian Sewa Tanah dengan PT Freeport Indonesia (PTFI).

Kerja sama ini ditujukan untuk proyek pabrik smelter tembaga dan pemurnian logam mulia PTFI di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik Jakarta Timur.

Corporate Secretary AKRA Suresh Vembu mengungkapkan, Freeport membutuhkan lahan dan layanan tambahan di KEK JIIPE Gresik untuk pengembangan, pembangunan, dan pengoperasian smelter.

“KEK JIIPE akan menyediakan tanah untuk disewakan serta utilitas dan layanan pendukung untuk operasional pemurnian tembaga beserta infrastruktur pendukung,” mengutip keterbukaan informasi perseroan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu, 28 Agustus 2021.

Adapun perjanjian memberikan sewa jangka panjang 80 tahun, dibagi menjadi masa sewa awal 18 tahun, diikuti 2 tahun lagi. Dalam hal ini, Freeport juga berhak memperpanjang selama enam periode, masing-masing 10 tahun sesuai dengan persyaratan dan ketentuan dalam perjanjian.

KEK JIIPE di Gresik sendiri dinilai merupakan aset berharga yang bisa menjadi pembuka lapangan kerja baru. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi dan investasi di daerah.

Kawasan industri yang terletak di Jawa Timur ini menjadi kawasan industri terintegrasi pertama di Indonesia. Lokasi ini dilengkapi dengan pelabuhan dan dermaga untuk kapal pesiar dan perumahan bernama GEM City. Bagunan tersebut dilengkapi dengan fasilitas lapangan golf dan pusat perbelanjaan yang ada dalam kawasan industri.

Berita Terkait