AKR Corporindo Bangun Perusahaan Patungan Distributor Gas Alam di KEK JIIPE Gresik

05 Agustus 2021 05:33 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Sukirno

PT AKR Corporindo Tbk / Dok Perusahaan

JAKARTA – Emiten distributor minyak dan gas PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) resmi mendirikan perusahaan patungan (joint venture) untuk mendistribusikan gas alam di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur.

Presiden Direktur AKRA, Haryanto Adikoesoemo menjelaskan bahwa perseroan bersama dengan PT Bayu Buana Gemilang (BBG) telah menandatangani akta pendirian entitas usaha bernama PT Berkah Buana Energi pada 4 Agustus 2021. 

“Komposisi pemegang saham PT Berkah Buana Energi adalah 65 persen untuk AKRA, dan 35 persen untuk BBG,” ujarnya melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu, 4 Agustus 2021.

Haryanto menuturkan, entitas usaha patungan ini nantinya akan melakukan pembangunan, pengelolaan, dan pengembangan usaha perseroan yang pada awalnya fokus dalam mengembangkan suatu jaringan awal penyaluran gas melalui pipa dari lokasi sumber gas ke pelanggan di KEK JIIPE.

Sekedar informasi, BBG sendiri adalah perusahaan swasta yang bergerak pada sektor hilir gas bumi di Indonesia. Bisnis utamanya adalah perdagangan dan distribusi gas bumi dengan menggunakan berbagai teknologi. 

“Di antaranya melalui pipa, compressed natural gas (CNG), liquefied natural gas (LNG), gas untuk kendaraan bermotor, serta pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) melalui anak perusahaanya,” jelas Haryanto.

Hingga penutupan perdagangan Rabu, 4 Agustus 2021, saham AKRA ditutup stagnan pada level harga Rp3.550 per lembar. Adapun kapitalisasi pasar perseroan saat ini tercatat sebesar Rp14,25 triliun.

Berita Terkait