Akhir Pekan Ini Maybank Gelar Puncak Lari Maraton

November 27, 2020, 10:29 PM UTC

Penulis: Aprilia Ciptaning

Direktur Utama PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) Taswin Zakaria saat memberikan hadiah lomba lari maraton / Dok. Maybank

JAKARTA – Puncak Maybank Marathon Anywhere, acara lari tahunan dari PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) akan dilangsungkan pada akhir pekan ini, 28–29 November 2020.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengatakan, peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari kategori 10K, 21K dan 42K.

“Mereka akan berpartisipasi mengikuti run challenge secara virtual dari berbagai lokasi,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima TrenAsia.com, Jumat, 27 November 2020.

Sejak dibuka pada 21 September lalu, lanjutnya, pendaftar yang masuk mencapai 17.113 peserta. Rinciannya, sebanyak 9.411 pelari dari kategori 10K, 5.570 pelari di kategori 21K, dan 2.132 pelari di kategori 42K.

Peserta dari Berbagai Negara

Tak hanya dari Indonesia, sebagian peserta juga berasal dari Malaysia, Singapura, Spanyol dan Perancis. Nantinya, seluruh peserta diwajibkan untuk menyelesaikan target yang terbagi dalam beberapa sesi. Kategori 10K dalam satu sesi, 21K dalam dua sesi, dan 42K dalam empat sesi.

Taswin mengungkapkan, adanya pembagian target lari disebabkan oleh pertimbangan kesehatan dan keselematan.

Dalam pelaksanaannya, pelari mesti menghubungkan running track device, seperti Suunto, Garmin, Polar, Fitbit, Nike+ dan lainnya, dengan platform Maybank Marathon Anywhere. Pencatatan tersebut akan digunakan untuk mengecek hasil akhir, termasuk ranking dari setiap pelari.

Maybank juga menyelenggarakan online coaching class selama satu bulan. Pelatihan ini diberikan untuk membantu pelari mempersiapkan diri. Materi tersebut meliputi, stretching exercises, pengetahuan asupan protein, aturan istirahat, dan lain-lain.

Maybank Marathon sendiri merupakan lomba lari maraton tingkat internasional, yang diselenggarakan sejak 2012. Salah satu acara, yakni Maybank Bali Marathon pernah mendapat penghargaan Remarkable races in the world that one must participate before you die dari The Active.

Penghargaan lain yang pernah didapat, yakni The 52 Best Races on Earth 2016, Best Marathon 2016, Best Half Marathon 2015,dan the Most Popular Sport Event 2018.

Pada tahun ini, Maybank Marathon meraih sertifikasi Bronze Label dari World Athletics atau dahulu IAAF. Organisasi internasional tersebut yang mengatur dan mengawasi penyelenggaraan perlombaan lari maraton di seluruh dunia. Terdapat empat tingkat label yang dikeluarkan oleh World Athletics mulai dari Bronze, Silver, Gold hingga Platinum. (SKO)