Agar Gaji Tak Numpang Lewat, 6 Aplikasi Pengatur Keuangan Ini Patut Dicoba

17 September 2022 11:16 WIB

Penulis: Laila Ramdhini

Editor: Laila Ramdhini

Aplikasi pengatur keuangan bisa digunakan agar gaji tidak numpang lewat. (Foto: Ismail Pohan/TrenAsia)

JAKARTA - Keuangan merupakan sebuah kebutuhan mendasar yang harus mencukupi mulai dari pangan, sandang, dan papan. Dalam pengelolaan uang  dibutuhkan pengalokasian sehingga tepat guna.

Aplikasi pengatur keuangan bisa digunakan agar gaji tidak numpang lewat. Dengan berbagai fitur menarik di aplikasi keuangan, kini masyarakat lebih mudah untuk menggunakan dananya kapanpun dan di manapun dengan satu genggaman.

Ragam fitur di aplikasi pengatur keuangan tersebut di antaranya bermanfaat untuk mengetahui alur dana pemasukan dan pengeluaran, mengingat batas alokasi uang, dan menjadi catatan tanggal masuk uang.

Berikut contoh aplikasi pengatur keuangan yang bisa Anda gunakan.

1. Mint

Salah satu aplikasi pengatur keuangan yang populer di era milenial ini dapat diunduh di versi iOS dan Android. Aplikasi ini juga gratis dengan menawarkan informasi data dalam bentuk bagan dan grafik. Dengan Mint, Anda bisa mengelompokkan anggaran belanja yang berbeda kategori. Aplikasi ini juga akan mengirimkan notifikasi jika tagihan membengkak.

2. Level Money

Level money merupakan aplikasi pengatur uang yang terhubung langsung dengan rekening bank. Tampilan dengan diagram versi iOS ini bisa mengatur uang masuk dan keluar menggunakan rekening bank dan kertu kredit. Aplikasi gratis ini menjamin keamanan dan kenyamanannya dalam penggunanya sehingga tidak perlu takut untuk kecolongan.

3. Money Lover

Platform yang bisa diunduh versi iOS dan Android ini menawarkan akses gratis untuk akun biasa dan berbayar versi premium. Money Lover memiliki fitur berupa pencatatan piutang, scan kuitansi, dan catatan yang dapat disimpan dalam bentuk file excel atau CSV.

4. Monefy

Aplikasi keuangan gratis yang bisa diunduh versi Android dan iOS, menarik untuk dicoba karena bisa menggunakan lebih dari satu akun, memberi catatan keuangan dari periode harian hingga tahunan, serta menghitung pengeluaran dalam bentuk persentase.

5. Penny

Penny adalah aplikasi pengatur keuangan secara interaktif, aplikasi iOS ini bisa diajak ngobrol tentang situasi keuangan melalui chat. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memberi tips masalah keuangan sehari-hari. Beberapa fitur juga memberi informasi kenaikan tagihan rutin dan memberi pengingat tagihan yang harus dibayar.

6. Catatan Keuangan Harian

Pengatur keuangan yang menggunakan bahasa Indonesia ini memiliki fitur canggih,. Dikembangkan oleh Asyncbite Software, aplikasi ini memberikan kemudahan dalam pencatatan laporan bulanan keuangan. Beberapa fitur di antaranya privasi agar tidak dapat dilihat orang lain, laporan keuangan berdasarkan kategori tertentu, pengaturan detail pada pencatatan uang masuk dan keluar. Aplikasi ini bisa dipasang di Android dan iOS. 

Berita Terkait