Ada Potensi Besar, Gojek Beri Pelatihan UMKM Berbasis Syariah

JAKARTA – PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek Indonesia) melalui GoPay bekerja sama dengan Lazis Muhammadiyah (Lazismu) memberi pelatihan kepada UMKM berbasis syariah.

Pelatihan tersebut bertujuan membekali peserta dengan strategi memanfaatkan teknologi dan media sosial.

“Memanfaatkan teknologi agar usaha mereka bisa bertahan di masa pandemi, sehingga ikut mendorong ekonomi syariah,” ungkap Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata dalam keterangan tertulis, Selasa, 10 November 2020.

Ia meyakini, UMKM berbasis syariah memiliki potensi besar di dalam ekonomi Indonesia dengan populasi muslim terbesar di dunia.

Melalui pelatihan ini, ia berharap para pelaku usaha dapat melihat peluang baru dunia digital untuk mengembangkan usaha.

Ia menjelaskan, peserta dilatih untuk menggunakan teknologi Gojek, salah satunya melalui aplikasi Selly untuk menunjang operasional.

Fitur tersebut dapat mempermudah dan mempercepat pemilik usaha dalam memproses pesanan, seperti auto text untuk membalas pesan, pembuatan invoice, cetak label pengiriman, pembayaran nontunai, dan laporan transaksi.

Digitalisasi Berkembang Pesat

Budi menjelaskan, akselerasi transformasi digital mengalami perkembangan yang pesat di masa pandemi. Data McKinsey pada Juni 2020 melaporkan transaksi e-commerce naik 26% atau setara 3,1 juta transaksi per hari.

Namun, ia menyayangkan hal ini belum diimbangi dengan jumlah UMKM yang go digital. Sebab, data Kementerian Koperasi & UKM  menyebut bahwa saat ini baru terdapat delapan juta UMKM atau kurang lebih 13% dari total pelaku usaha yang memanfaatkan teknologi.

Padahal, ekonomi dan keuangan syariah dinilai memiliki potensi besar sebagai sumber pertumbuhan ekonomi.

Hal ini bisa dilakukan lewat pengembangan ekosistem halal value chain (HVC) dengan penguatan UMKM syariah serta pesantren secara inklusif.

“Diharapkan pelatihan ini dapat melahirkan wirausaha baru yang dapat mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia,” tuturnya.

Tags:
gojekGojek IndonesiagopayIndustri HalalLaziz MuhammadiyahLazizmuPT Aplikasi Karya Anak Bangsaumkm
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: