Ada Jalan Khusus Untuk Gajah, 4 Fakta Tol Pekanbaru-Dumai yang Perlu Diketahui

22 Mei 2022 12:27 WIB

Penulis: Nadia Amila

Editor: Rizky C. Septania

Ilustrasi perlintasan gajah di bawah ruas tol Pekanbaru-Dumai / Pu.go.id

(Pu.go.id)

JAKARTA - Jalan tol Pekanbaru - Dumai atau yang sering disebut Jalan tol Permai ini menghubungkan kota dengan Kota Dumai di Provinsi Riau. Jalan tol ini juga merupakan salah satu bagian dari jalan tol Trans Sumatera. 

Tol Pekanbaru - Dumai dibangun pada Juni 2017 dan telah di resmikan oleh Presiden Joko Widodo pada September 2020 lalu. 

Jalan tol ini dikelola oleh PT Hutama Karya Persero yang terletak di Kota besar yaitu, Pekan Baru, Siasak, Bengkalis, dan Dumai. Berikut 5 Fakta Tol Pekanbaru - Dumai yang dilansir dari akun resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Sabtu, 21 Mei 2022, yang perlu diketahui:

1.Tol Pertama di Riau

Tol Pekanbaru - Dumai merupakan tol pertama yang ada di Provinsi Riau. 

Sekaligus tol pertama yang bisa meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju.

Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif ini dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri sehingga akan memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.

2.Panjang tol Pekanbaru - Dumai 131 Km

Tol ini dapat memperpendek jarak tempuh antara Pekanbaru – Dumai menjadi 131 km  dibandingkan dengan biasanya mencapai 200 km.

Tol Pekanbaru - Dumai terdiri dari enam seksi yakni Seksi I Pekanbaru - Minas sepanjang 9,5 km, Seksi II Minas - Petapahan selanjang 24,1 km, Seksi III Petapahan - Kandis Utara sepanjang 16,9 km, Seksi IV Kandis Utara - Duri Selatan sepanjang 26,25 km, Duri Selatan - Duri Utara sepanjang 29,4 km, dan Seksi VI Duri Utara - Dumai sepanjang 25,44 km. 

3.Ada empat terowongan perlintasan gajah

Ruas tol ini memiliki empat terowongan perlintasan gajah sebagai bentuk harmonisasi infrastruktur dengan alam. Terowongan gajah disiapkan sepanjang 25 – 45 m dan tinggi 5.1 m serta tanaman hijau agar menyerupai habitat asli. 

Terowongan ini dibangun karena pada Seksi IV Kandis Utara – Duri, ruas tol yang melintasi Kawasan Suaka Margasatwa Balai Raja dan Siak Kecil di mana keduanya merupakan koridor perlintasan Gajah Sumatera dengan jumlah populasi sekitar 50 ekor.

4.Tol yang diresmikan secara virtual

Karena pandemi COVID-19 Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Pekanbaru – Dumai secara virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor.

Namun dalam peresmiannya Jokowi tetap memakai helm dan rompi proyek layaknya tengah berada di lokasi peresmian jalan tol tersebut.

Berita Terkait