Ada di Sekitar Kita, Hewan-Hewan Ini Ternyata Kerabat Dekat Dinosaurus

30 Juli 2022 20:13 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Laila Ramdhini

ilustrasi dinosaurus dan hantaman meteor/ google

JAKARTA - Dinosaurus menjadi hewan purba yang sudah punah jutaan tahun lalu. Meski begitu, tidak berarti dinosaurus tak meninggalkan jejak sama sekali.

Selain meninggalkan fosil, rupanya dinosaurus memiliki kerabat dekat yang masih hidup hingga saat ini. Lebih mencengangkan, beberapa dari mereka bahkan familiar dengan kehidupan kita sehari hari.

Berikut adalah sejumlah hewan yang memiliki kekerabatan dengan dinosaurus.

1. Ayam

Unggas yang menjadi salah satu andalan bagi komoditas bahan makanan ini rupanya punya kekerabatan dengan dinosaurus.

Menghasilkan daging dan telur yang lezat untuk dikonsumsi, siapa sangka bahwa ayam rupanya masih kerabat dengan Tyranonosaurus rex atau T-Rex.

Berdasarkan penelitian, ayam memiliki DNA jang hampir sama dengan T-rex. Artinya, unggas yang satu ini bisa dianggap sebagai satu-satunya hewan di sekitar saat ini yang merupakan keturunan langsung dinosaurus.

Tak seperti ayam yang jadi bahan konsumsi manusia saat ini, T-Rex merupakan salah satu pemangsa terbesar pada zaman jurassic.

2. Buaya

Selain T-Rex, buaya menjadi salah satu jenis reptil yang punya kekerabatan langsung dengan dinosaurus.

Seperti diketahui, buaya dan aligator modern merupakan salah satu hewan yang tak mengalami evolusi sejak zaman kapur, yakni kisaran 145-66 juta tahun yang lalu.

Alhasil, bisa dikatakan bahwa buaya dan aligator yang ada saat ini merupakan keturunan langsung dari salah satu jenis dinosaurus.

3. Hiu

Hiu jadi hewan yang sudah ada sejak lama. Hiu pertama kali muncul sekitar 450 juta tahun yang lalu. Sedangka hiu modern pertama kali muncul sekitar 100 juta tahun yang lalu.

Hiu hari ini adalah keturunan dari kerabat yang berenang bersama dinosaurus di zaman prasejarah. Faktanya, pemangsa terbesar sepanjang masa adalah hiu yang disebut Megalodon .

Megalodon hidup tepat setelah dinosaurus era jurassic berakhir, yakni kisaran 23 juta tahun yang lalu. Megalodon tercatat punah pada 2,6 juta tahun yang lalu. Panjang Megalodon bisa mencapai 20 meter dan beratnya bisa mencapai 103 metrik ton.

4. Kepiting

Kepiting pertama kali muncul pada periode Jurassic yakni sekitar 200-146 juta tahun yang lalu. Mereka mulai berevolusi  pada periode Cretaceous, tepat sebelum dinosaurus punah.

Salah satu spesies kepiting paling menarik yang hidup selama ini adalah Megaxantho Zogue yang ditemukan di Meksiko. Hewan ini punya ukuran lebih besar dari kepiting hari ini.

Megaxantho Zogue merupakan kepiting pertama yang mengembangkan capitnya yang secara khusus dikembangkan untuk memecahkan cangkang mangsa.

5. Penyu

Sama halnya seperti bauaya, penyu merupakan jenis reptil yang punya kekerabatan dengan dinosaurus.

Berkembang bersama dinosaurus, penyu laut muncul sebagai jenis kura-kura yang berbeda sekitar 110 juta tahun yang lalu.

Setidaknya ada tujuh spesies penyu yang masih ada sampai sekarang semuanya memiliki asal-usul purba, tetapi penyu yang paling mengesankan sepanjang masa mungkin adalah Archelon .

Archelon hidup sekitar 80 juta tahun yang lalu dan memiliki panjang lebih dari empat meter dan lebar hampir lima meter dari sirip ke sirip. Dengan ukuran jumbo, seorang pria dewasa bisa dengan mudah masuk ke dalam cangkangnya.

6. Kecoa

Kecoa jadi salah satu hewan yang berhasil melewati periode The Great Dying antara periode Permian dan Trias.

Serangga ini bahkan jadi salah satu spesies paling dominan selama periode Carboniferous sekitar 360 juta tahun yang lalu, atau 112 juta tahun sebelum dinosaurus.

Tak seperti sekarang, ukuran kecoa puba sangat besar. Nahkan dua kali lebih besar dari jenis kecoa paling besar yang ada sekarang.

Berita Terkait