7 Target Finansial yang Harus Dicapai di Usia 20-an

28 Agustus 2021 09:21 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Laila Ramdhini

7 Target Finansial yang Harus Dicapai di Umur 20-an (null)

JAKARTA - Di usia 20-an tahun, Anda perlu membangun kebiasaan yang baik, karena dapat berpengaruh sepanjang hidup Anda. Usia 20-an tahun merupakan suatu fase kehidupan di mana Anda mulai membangun karir, menikah, bahkan memulai sebuah keluarga.

Singkatnya, jika Anda menerapkan kebiasaan keuangan yang baik di usia 20-an, maka Anda akan memiliki kondisi finansial yang baik di masa depan dan mencapai tujuan keuangan seperti berikut ini.

1. Memiliki Dana Darurat

Salah satu tugas keuangan yang penting untuk Anda capai di usia 20-an adalah memiliki dana darurat. Ini merupakan tabungan yang Anda alokasikan untuk pengeluaran yang tidak direncanakan.

Ketika terjadi suatu peristiwa yang tidak terduga, dana darurat dapat bertindak seolah sebagai polis asuransi untuk menyelamatkan keuangan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki keadaan darurat medis, kehilangan pekerjaan mendadak, atau kerusakan alat, Anda dapat membayarnya menggunakan uang di dana darurat. Dengan begitu, Anda tidak perlu merogoh tabungan atau berutang.

Pastikan untuk memiliki dana darurat sebesar biaya hidup tiga sampai enam bulan. Tetapi ketika Anda pertama kali mulai menganggarkan, tetapkan tujuan tabungan konservatif untuk mengalokasikan setidaknya 2% dari setiap gaji ke dana darurat Anda selama enam bulan. 

Kemudian, untuk membangun dana darurat Anda dari waktu ke waktu, tingkatkan jumlah itu sebesar 1% hingga 2% setiap enam bulan hingga satu tahun. Selain itu, dana darurat yang Anda miliki juga harus mudah diakses, jadi simpanlah di saran investasi yang likuid dan memiliki risiko rendah, seperti rekening tabungan.

2. Jadikan Uang Muka Rumah Sebagai Tujuan Berhemat

Saat Anda membeli rumah pertama, Anda bisa menyisihkan uang untuk membayar uang muka. Selain itu, Anda bisa membuat uang muka sebagai cara untuk lebih berhemat. Hal ini karena semakin besar uang muka yang Anda bayar, maka akan semakin rendah pembayaran hipotek Anda, dan membuat Anda selangkah lebih dekat untuk membeli rumah impian.

3. Memiliki Tabungan untuk Dana Pensiun

Cara untuk memiliki cukup uang saat masa pensiun adalah mulai menyisihkan uang di rekening pensiun sejak dini, dan Anda harus terus melakukannya secara teratur sampai masa pensiun. Anda harus mulai menabung untuk dana pensiun segera setelah mendapatkan pekerjaan pertama.

4. Terbebas dari Utang

Saat Anda mampu mengelola utang dengan baik dan melunasinya, maka pintu untuk langkah-langkah lain dalam hidup Anda seperti memiliki rumah atau mobil baru akan terbuka. Oleh karena itu, mulailah meluangkan waktu dari sekarang untuk membuat rencana pembayaran utang sehingga Anda bisa segera terbebas dari utang.

5. Memiliki Investasi

Jika Anda ingin memiliki dana tambahan di luar rekening dana pensiun Anda, pertimbangkan untuk menginvestasikan sejumlah uang di rekening pasar uang yang memiliki bunga rendah. Seperti halnya menabung untuk masa pensiun, bunga majemuk akan membantu menumbuhkan uang yang Anda investasikan lebih cepat, dan semakin cepat Anda memulai, maka Anda dapat memiliki dana tambahan lebih banyak di luar rekening pensiun.

6. Fokus pada Karier

Usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk fokus dan membangun karier yang solid. Anda bisa memutuskan jalur karier apa yang akan diambil, dengan meluangkan waktu untuk menciptakan jaringan profesional yang solid. Akan tetapi, Anda juga jangan pernah takut untuk berganti pilihan karier. Tetaplah luwes dan bersikap adaptif untuk mengetahui tren karier atau pekerjaan yang dapat memberikanmu pendapatan yang meningkat setiap tahunnya.

7. Mempunyai Kebiasaan Menabung yang Baik

Tujuan penting yang harus diterapkan saat berusia 20-an tahun adalah menghabiskan lebih sedikit uang setiap hari. Akan tetapi, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk melakukannya. Anda dapat mengatur anggaran, mulai berbelanja di toko bahan makanan dan pakaian yang lebih terjangkau, dan memanfaatkan kupon agar bisa mendapat potongan saat berbelanja.

Berita Terkait