7 Tanda-Tanda Kamu Boros Banget

20 Agustus 2021 01:39 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Sukirno

Inilah Ciri-ciri Pengeluaran Berlebihan (Pexels.com/Karolina)

JAKARTA - Apakah Anda sering melakukan tindakan pemborosan? Jika Anda memulai setiap bulan dengan niat membelanjakan uang sesuai anggaran dan rencana yang ditetapkan, tetapi justru tetap melakukan pembelian tanpa rencana, hal ini bisa berbahaya untuk kondisi keuangan Anda.

Mungkin, Anda akan menghadapi anggaran bulanan Anda kian menipis, dan menyesal di akhir bulan. Setelah itu, bisa jadi Anda justru berutang demi memenuhi kebutuhan, atau menggunakan kartu kredit untuk menutupi anggaran Anda yang kian menipis tersebut.

Agar tidak mengalami hal tersebut secara terus menerus, Anda harus mengetahui kapan Anda telah melakukan pengeluaran yang berlebihan. Berikut ciri-ciri atau tanda-tanda pengeluaran berlebihan yang perlu Anda ketahui.

1. Anggaran Tidak Bertambah

Anda cukup bertanggung jawab dengan memiliki anggaran pribadi. Akan tetapi, apakah Anda sudah bertanggungjawab untuk mematuhinya? Jika Anda menganggarkan uang sebesar Rp200.000 untuk membeli pakaian, tetapi justru menghabiskan Rp400.000, maka Rp200.000 tambahan tersebut akan Anda ambil dari anggaran untuk kepentingan lain. Hal ini akan berdampak negatif yaitu Anda akan kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan Anda.

2. Memaksimalkan Penggunaan Kartu Kredit

Memaksimalkan kartu kredit berarti Anda tidak hanya menjalani gaya hidup yang tidak berkelanjutan, tetapi Anda juga menggunakan sumber daya tambahan untuk memicu pengeluaran Anda yang berlebihan. Ini juga berarti Anda akan memperoleh bunga dan mungkin menimbulkan biaya tambahan yang tidak diperlukan. Ketika pengeluaran Anda bukan lagi tentang apa yang Anda miliki di dompet Anda, tetapi berapa banyak yang bisa Anda dapatkan untuk terus membeli, inilah saatnya Anda untuk berubah.

3. Anda Hanya Membayar Minimum Kartu Kredit Anda

Ketika saldo kartu kredit Anda sangat tinggi atau anggaran Anda sangat terbatas sehingga Anda hanya dapat melakukan pembayaran minimum setiap bulan, itu artinya Anda mengeluarkan uang terlalu banyak.

4. Utang Kartu Kredit Melebihi Pendapatan Bulanan

Penghasilan bulanan Anda harus selalu lebih tinggi sehingga Anda dapat melakukan pembayaran kartu kredit tersebut secara penuh bersama dengan semua utang dan tanggung jawab keuangan Anda yang lain.

5. Anda Berbelanja Secara Royal pada Hal-hal Menyenangkan, Tetapi Abai Terhadap Tagihan dan Biaya Tetap

Anda perlu membayar sesuatu yang penting sebelum berbelanja hal-hal yang Anda inginkan. Orang yang cerdas secara finansial memahami pentingnya membayar pengeluaran tetap sebelum membeli barang-barang menyenangkan seperti pakaian, barang-barang elektronik, dan liburan.

6. Pengeluaran Anda Meningkat Mengikuti Penghasilan Anda

Sepanjang hidup Anda, Anda pasti akan menikmati pekerjaan baru, kenaikan gaji, dan bahkan mungkin satu atau dua rejeki nomplok. Jika setiap peningkatan pendapatan juga disertai dengan peningkatan pengeluaran berbasis gaya hidup Anda, hal ini menandakan bahwa Anda melakukan pengeluaran berlebihan.

7. Ada Lebih Isi di Lemari Anda daripada di Rekening Bank

Apakah Anda memiliki sepatu desainer dan pakaian branded di almari, tapi justru isi rekening bank Anda kosong? Jika Anda berinvestasi lebih banyak di lemari daripada di tabungan pensiun atau dana darurat, maka itu artinya Anda telah melakukan pengeluaran secara berlebihan.

Berita Terkait