7 Masjid Unik di Indonesia dengan Arsitektur Megah dan Menawan

27 Januari 2022 14:14 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Laila Ramdhini

7 masjid unik di Indonesia dengan arsitektur yang megah dan menawan versi TrenAsia.com./foto: Tangkapan layar (null)

JAKARTA – Masjid menjadi bangunan yang penting bagi masyarakat Indonesia sebagai salah satu negara muslim terbesar di dunia. Maka, tidak heran jika bangunan masjid di Indonesia ada di mana-mana karena satu wilayah bisa memiliki satu atau lebih bangunan masjid.

Umumnya masjid memiliki kubah disertai ukiran nama Allah di atasnya. Namun, selain dijadikan tempat ibadah, masjid juga kerap kali bertransformasi menjadi bangunan yang unik dengan arsitektur yang megah dan menawan tanpa mengurangi nilai-nilai religi dari sebuah masjid.

TrenAsia.com merangkum  7 masjid unik di Indonesia dengan arsitektur yang megah dan menawan.

1. Masjid Trapesium

Bangunan Masjid Trapesium Ar-Rahman/foto: tangkapan layar

Diberi nama Masjid Ar-Rahman, masjid unik ini dibangun oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk di lokasi rest area kilometer 66A Tol Pandaan-Malang. Masjid unik ini memiliki bentuk trapesium dengan dinding masjid di sisi satu berlapis tiga disisi lain berlapis dua. Masjid ini tidak memiliki atap dan lapisan dinding tersebut menjadi penggantinya.

2. Masjid Kembar

Masjid Kembar yang ada di rest area Solo-Ngawi/foto: tangkapan layar

Masjid ini juga didirikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) di salah satu rest area tolnya, tepatnya di jalan Tol Solo-Ngawi rest area kilometer 519A dan 519B. Selain masjidnya yang kembar, rest area ini juga didesain kembar dan terletak berseberangan sehingga semakin terlihat kemiripannya.

3. Masjid Al-Safar

Tampak dari atas bangunan Masjid Al-Safar/foto: Tangkapan layar

Masih dari masjid yang berada di jalan tol Indonesia, Al-Safar menjadi masjid unik yang berarsitektur menawan hasil dari desain Gubernur Jawa Barat saat ini, Ridwan Kamil.

Meski sempat mengundang pro dan kontra mengenai bentuk dari masjid, Al-Safar berhasil membuat para pengunjung rest area Tol KM 88 B Tol Cipularang terkagum atas keindahannya. Serta tempatnya yang nyaman untuk beribadah menjadi niali tambah untuk masjid satu ini.

4. Masjid Al-Irsyad

Tampak samping Masjid Al-Irsyad Bandung/foto: Tangkapan Layar

Terletak di Bandung dan masih menjadi salah satu dari karya Ridwan Kamil, Masjid Al-Irsyad dibangun berbentuk kubus besar dengan banyak lubang disemua sisinya.

Banyak penghargaan yang sudah didapat dari bangunan masjid ini salah satunya penghargaan tertinggi dunia arsitektur Indonesia yaitu IAI Award 2018.

5. Masjid Raya Al-Jabbar

Tampak depan Masjid Terapung, Gedebage Bandung/foto: Tangkapan layar

Masjid dengan kapasitas 60.000 jamaah ini masih dalam proses dibangun yang lokasinya berada di Gedebage, Kota Bandung. Bentuk masjid ini sangat unik dengan konsep terapung sehingga banyak warga yang menanti masjid terapung satu ini. 

Nantinya dalam area masjid akan dibangun museum Asmaul Husna dan museum sejarah islam di Indonesia serta sejarah islam di Jawa Barat.

6. Masjid Safinatun Najah

Tampak depan Masjid Perahu di Semarang/foto: Tangkapan layar

Masih di Pulau Jawa tepatnya di Semarang, Masjid Safinatun Najah berdiri dengan bentuk unik seperti perahu Nabi Nuh. Safinatun Najah sendiri memiliki arti kapal penyelamat sehingga masyarakat Semarang lebih mengenalnya Masjid Kapal.

7.Masjid Raya Sumatra Barat

Foto Masjid Raya Sumatra Barat saat malam/foto: Tangkapan layar

Berada di luar Pulau Jawa, Masjid Raya Sumatra Barat memiliki arsitektur bangunan yang unik dan megah sehingga menarik perhatian banyak orak. Atapnya dibuat dengan ciri khas rumah Minangkabau yang mengandung arti salah satu kebudayaan di Indonesia. Masjid unik ini juga menjadi salah satu dari tujuh masjid dengan arsitektur terbaik di dunia.

Berita Terkait