7 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Pertama Kali Membeli Rumah

14 Agustus 2021 21:34 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Sukirno

7 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Pertama Kali Membeli Rumah

JAKARTA - Rumah dan tanah merupakan aset yang paling mahal yang bisa dimiliki. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa kesalahan umum yang harus dihindari saat pertama kali membeli rumah.

Hal ini agar Anda tidak menyesal karena telah mengeluarkan sejumlah uang dengan jumlah yang besar dan ternyata hasilnya justru tidak sepadan. Berikut beberapa kesalahan yang harus Anda hindari saat pertama kali membeli rumah, seperti yang telah dilansir dari laman Reader's Digest.

1. Membeli Tanpa Dibantu Agen

Membeli rumah adalah transaksi keuangan yang sangat besar dan memiliki risiko yang besar juga. Rumah merupakan tempat di mana Anda tinggal dan untuk melindungi anggota keluarga Anda.

Jadi, pilihlah rumah yang memiliki kualitas terbaik agar Anda tidak kecewa di hari esok. Dengan menggunakan agen, maka Anda bisa dibantu untuk mengetahui bagaimana proses membeli rumah pertama Anda. Selain itu, Anda juga bisa punya gambaran lebih jauh mengenai calon rumah yang akan Anda tinggali nanti.

2. Tidak Mengetahui Keseluruhan Biaya untuk Membeli Rumah

Saat pertama kali membeli rumah, pada umumnya banyak orang yang membandingkan pembayaran hipotek versus sewa rumah. Hal ini membuat Anda langsung terpikir bahwa memiliki rumah justru lebih murah daripada menyewanya. Padahal, untuk memiliki rumah, biasanya akan ada biaya tersembunyi yang akan membuat Anda merogoh kocek cukup dalam.

3. Tidak Memenuhi Syarat untuk Mendapatkan Pinjaman

Sebelum Anda mulai menelusuri daftar dan memimpikan bagaimana Anda akan mendekorasi rumah baru Anda, pastikan Anda memiliki pemberi pinjaman yang bersedia membantu Anda mewujudkan impian Anda. Mengetahui pemberi pinjaman sebelum membeli rumah akan membantu Anda mengetahui jenis persyaratan pinjaman yang Anda butuhkan, dan jenis uang muka apa yang dapat Anda persiapkan.

4. Mengandalkan Foto dari Situs Online

Jika Anda melihat 50 foto rumah secara online, Anda tidak akan mendapatkan gambaran yang sebenarnya kecuali Anda benar-benar berkunjung ke calon rumah Anda secara langsung. Jika Anda tidak bisa melakukannya, minta makelar Anda merekam video seputar kondisi rumah tersebut untuk Anda.

5. Melewatkan Pemeriksaan

Membeli rumah memang membutuhkan uang yang tidak sedikit. Akan tetapi, Anda bisa tetap berhemat dengan cara memeriksa kondisi calon rumah Anda dengan teliti. Periksalah setiap ruangan dan detail-detail terkecil rumah tersebut, apakah akan membutuhkan perbaikan atau tidak. Jika ya, apakah perbaikan yang diperlukan butuh uang yang sangat banyak atau tidak, dan apakah sesuai dengan budget yang dikeluarkan.

Berita Terkait