7 Jurus Jadi Beauty Vlogger Sukses

JAKARTA – Vanya Qinthara, si empunya channel Youtube Minyo33, hobi merias wajah sejak SMA. Hingga ia belajar make-up dengan menonton tutorial beauty vlogger luar negeri seperti Michelle Phan.  

Frekuensi menontonnya yang cukup tinggi membuat  Minyo berpikir mengapa tidak membuat channel Youtube sendiri. Siapa sangka, beauty channel yang dimulai sejak 2013 dengan tujuan berbagi info kecantikan itu kini memiliki 136.000 subscribers.

Tawaran endorsement dari berbagai merek hingga menjadi pembicara di talkshow atau beauty workshop pun mengalir.

Berikut jurus-jurus dari Minyo untuk kalian yang ingin memulai atau berkarier penuh sebagai beauty vlogger:

Who are you?

Apa yang bisa didefinisikan dari diri kamu? Apakah kulit kamu terang atau mata kamu bulat?

Di Youtube kamu bisa menjadi diri sendiri. Apa yang membuat kamu unik? Ingat, kamu itu siapa.

Banyak orang di luar sana yang membuat channel Youtube karena terinspirasi dari Youtuber lain. Namun, kenyataannya, mereka menjadi duplikat idolanya.

Identifikasikan juga apa yang baik dan buruk dari diri kamu. Tonjolkan kelebihan kamu, sementara tidak perlu memperlihatkan kekurangan di depan publik karena penonton Youtube tersebar dari anak kecil hingga orang tua.

What makes YOU a YOUnique YOU?

Seperti Minyo yang menyapa penonton dengan ‘Ola Gumballs’. Atau saat sesi story time, dia selalu menyertakan gelas emas. Bila gelas emas itu tidak tampak, penonton akan bertanya.

Setiap bulan ada 1 miliar pengunjung Youtube. Tantangannya, bagaimana mempertemukan audience yang begitu banyak tersebut dengan video kamu.

Maka branding menjadi penting. Semakin lama merek itu tertanam di benak orang, semakin sulit terhapus. Untuk itu dibutuhkan konsistensi.

What is your genre?

Minyo yang merupakan Official Youtube Ambassador Indonesia itu mencontohkan dirinya memilih genre kecantikan, juga story telling dan selfenrichment.

Pesan apa yang ingin kamu sampaikan kepada penonton? Intinya, di depan kamera kamu harus nyaman dengan diri kamu sendiri. Sesuaikan konten dengan usia, lifestyle, dan kecenderungan penonton.

Tujuannya, untuk memudahkan pekerjaan kamu. Apakah ingin menjadikan penonton kamu pintar atau sebaliknya.

What is your content?

Buat konten yang berbeda dari Youtuber lain. Ada temuan yang mengatakan, kesuksesan beauty channel terjadi saat mengunggah video tutorial yang disesuaikan dengan video musik yang sedang tren.

Misalnya saja, tutorial makeup ala Disney’s Frozen Elsa. Di waktu mendatang penonton akan kembali ke channel tersebut menantikan video menarik apa yang akan diunggah.

Selain itu, tak ada salahnya memasukkan meme untuk menyelaraskan channel-mu dengan selera humor penonton.

Sertakan selalu e-mail di setiap video kamu. Cara itu memudahkan brand yang tertarik mengajak bekerja sama untuk mengontak kamu.

Perhatikan pula tampilan videomu. Karena ini adalah konten kecantikan, warna makeup yang kamu pakai harus terlihat seperti aslinya.

Perhatikan kamera dan pencahayaan. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, misalnya Ketika penonton kecewa setelah membeli makeup karena warnanya berbeda dengan di video.

How often dou you wanna update?

Minyo menjadwalkan setiap Selasa dan Jumat mengunggah video baru. Jadwal tersebut menurutnya cocok dengan keseharian penontonnya yang didominasi mahasiswa dan karyawan.

Biasanya mereka menonton video Minyo melalui ponsel pintar saat pulang kuliah atau kerja. Sayang sekali jika kamu sudah punya fanbase tapi jarang memperbarui channel-mu.

Jangan lupa untuk membagikan tautan video kamu ke sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Review

Sebaiknya review dilakukan sebulan sekali. Dengan demikian, kamu tahu video apa yang paling sering ditonton. Jangan lupa baca komentar untuk tahu konten yang dibutuhkan penonton.

Cara ini juga bisa membuat kamu dekat dengan penonton. Komentar dari haters juga bisa dipertimbangkan sebagai input yang membangun.

Kamu juga bisa membuat goals seperti ingin dapat berapa subscriber atau likes selama satu bulan ini.

Bergabung di komunitas

Pada 2015 Minyo mendirikan Indonesian Beauty Vlogger Community. Tujuannya untuk saling berbagi informasi dan ilmu antaranggota.

Di komunitas ini kamu bisa menggali pengetahuan seputar pembuatan video, tren makeup, dan produk makeup yang sedang populer.

Perkaya diri kamu dengan teknologi yang terus berkembang. Bahkan, kamu bisa bertukar ide seputar tema kecantikan yang layak diangkat di Youtube.

Atau, berkolaborasi dengan beauty vlogger lainnya. Cara ini bisa menambah jumlah subscriber kamu yang datang dari beauty vlogger itu, demikian pula sebaliknya.

Tags:
beauty vloggerkecantikantips kecantikanVloggervlogger kecantikanyoutubeyoutuber
%d blogger menyukai ini: