7 Fitur Rahasia Twitter yang Jarang Diketahui

12 Agustus 2022 17:02 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

JAKARTA- Twitter menjadi salah satu platform sosial media populer di Indonesia. Terutama sebagai sumber daya untuk mengikuti berita dan peristiwa terkini.

Sebagai platform sosial media dengan banyak pengguna, Twitter memiliki sejumlah fitur rahasia yang jarang diketahui oleh pelanggannya. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

1. Menyusun Feeds Sesuai Daftar

Anda mungkin mengikuti akun yang tak terhitung jumlahnya. Hal ini membuat sejumlah kicauan yang benar-benar Anda minati tak terlihat di daftar.

Hal ini bisa dipecahkan dengan membuat satu atau lebih daftar akun pendek yang ingin Anda lihat secara teratur. Untuk membuat daftar, ketuk ikon akun Anda di aplikasi seluler, lalu di menu, ketuk Daftar. Kemudian ketuk ikon Baru di kanan bawah dan beri nama daftar baru Anda.

Jika daftar ini hanya untuk Anda, geser tombol Pribadi ke kanan lalu ketuk Buat . Pada halaman Tambahkan ke daftar Anda, ketuk Tambahkan di samping akun mana pun yang ingin Anda ikuti dengan cermat, lalu ketuk Selesai.

Setelah itu, Anda dapat menelusuri daftar yang dikuratori dengan mengetuk ikon akun Anda dan kemudian memilih Daftar di menu popup.

2. Melihat daftar yang telah ditambahkan orang lain kepada Anda

Sama seperti Anda dapat membuat daftar, pengguna lain dapat menambahkan akun dan tweet Anda ke daftar mereka sendiri. Namun, Anda tidak akan mendapatkan pemberitahuan apa pun tentang hal itu.

Meski begitu, Anda dapat melihat daftar mana yang Anda buka melalui tab Daftar di situs desktop atau aplikasi seluler. Setelah mengakses daftar itu pengguna bisa berlangganan daftar tersebut atau memblokir pengguna untuk menghapus diri Anda dari daftar.

3. Menonaktifkan tanda terima baca

Anda tidak perlu memberi tahu semua orang saat Anda telah membaca DM mereka, sebab Anda dapat menonaktifkan tanda terima telah dibaca dengan satu ketukan. Di aplikasi seluler hal ini dapat dilakukan dengan mengetuk ikon akun Anda lalu pilih Pengaturan dan privasi di menu Pop up. 

Ketuk Privasi dan keamanan, lalu ketuk Pesan langsung. Terakhir, nonaktifkan Tampilkan tanda terima telah dibaca dengan menggesek tombol ke kiri.

4. Mengaktifkan mode hemat data dengan menyesuaikan pengaturan Anda

Banyak fitur default di Twitter dapat memakan data seluler Anda. Tetapi tak perlu khawatir, karena Anda dapat menyesuaikan pengaturan Anda untuk menonaktifkan beberapa aspek aplikasi yang menguras data sekaligus.

Di aplikasi seluler, ketuk ikon akun Anda diikuti oleh Pengaturan dan privasi. Ketuk Aksesibilitas, tampilan, dan bahasa, lalu pilih Penggunaan data.

Menu yang dihasilkan menunjukkan berbagai pengaturan yang dapat Anda sesuaikan untuk gambar dan video di aplikasi. Anda dapat menonaktifkan pengaturan ini satu per satu atau menyesuaikannya untuk menggunakan data seluler atau Wi-Fi saat mengunggah atau memutar konten.

Untuk menonaktifkan semua fitur ini sekaligus, cukup ketuk tombol di sebelah Penghemat data.

5. Membersihkan cache aplikasi Twitter Anda

Aplikasi seluler Twitter menyimpan cache data yang terkait dengan akun Anda yang dapat Anda hapus untuk berpotensi membuat aplikasi berjalan lebih efisien.

Di aplikasi, ketuk ikon akun Anda diikuti oleh Pengaturan dan privasi. Ketuk Aksesibilitas, tampilan, dan bahasa, lalu pilih Penggunaan data. Di bagian bawah menu, ketuk Penyimpanan media atau Penyimpanan web dan ikuti halaman berikutnya untuk menghapus cache ini.

6. Dengarkan Twitter Spaces di komputer

Meskipun Twitter Spaces terutama merupakan aplikasi seluler, Anda dapat mendengarkan Spaces menggunakan situs web desktop.

7. Bagikan akun dengan kode QR

Anda tak perlu mengeja nama Twitter Anda kepada seseorang jika ingin mengikuti Anda. Anda hanya perlu mengarahkan ponsel Anda ke mereka sehingga mereka dapat memindai kode QR akun Twitter Anda. 

Saat Anda dan orang lain ingin membagikan detail Twitter, ketuk ikon akun Anda , lalu ketuk ikon kode QR di bagian paling bawah halaman. Kode QR Anda muncul. Kenalan Anda harus melakukan hal yang sama, tetapi kemudian ketuk ikon Pindai kode QR di bagian bawah halaman.  

Berita Terkait