7 Film Indonesia Paling Laris dengan Jumlah Penonton Terbanyak Sepanjang Masa

01 Juni 2022 15:20 WIB

Penulis: Desi Kurnia Damayanti

Editor: Laila Ramdhini

Ilustrasi nonton film di bioskop (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

JAKARTA - Perkembangan film Indonesia terus mengalami kinerja positif. Hal ini dibuktikan dengan jumlah penonton sampai jutaan. Meski jumlah penonton tidak bisa mengukur kualitas film, akan tetapi ketertarikan masyarakat terhadap film Indonesia semakin tinggi.

Trenasia.com telah merangkum dari berbagai sumber film bioskop Indonesia yang mampu menyedot animo masyarakat hingga menjadi film Indonesia paling laris antara lain:

1. KKN di Desa Penari (2022)

 

 

Film pertama terlaris urutan pertama dipegang oleh KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Penari. Jumlah penonton hingga saat ini mencapai 8 juta orang. Film ini berawal dari salah satu cerita horor yang viral di tahun 2019. 

Kisah ini diambil dari sebuah kisah nyata kelompok mahasiswa yang sedang melakukan program KKN di Desa Penari.

2. Warkop DKI Reborn (2016)

Film terlaris urutan kedua yakni Warkop DKI Reborn. Film ini berhasil mendapatkan jumlah penonton sebanyak 6,8 juta orang.

Film ini mengisahkan tentang kehidupan sehari hari Trio Warkop yaitu Dono, Kasino, dan Indro.

3. Dilan 1990 (2018)

Film terlaris selanjutnya yakni Dilan 1990 yang mengisahkan tentang asmara antara dua anak muda yang masih duduk di bangku SMA.

Film ini diangkat dari novel karya Pidi Baiq dan berhasil mendapatkan 6,3 juta penonton. 

4. Dilan 1991

Lanjutan dari kisah Dilan 1990 adalah film Dilan 1991 yang tidak kalah menarik sehingga mendapatkan 5,2 juta penonton.

5. Laskar Pelangi (2008)

Film yang diproduseri oleh Mira Lesmana tahun 2008 ini juga masuk dalam deretan film Indonesia paling laris.

Film ini diangkat dari novel karya Andrea Hirata yang menceritakan tentang 10 anak yang bersekolah di sebuah pondok sekolah dasar, di Belitong. Film ini berhasil mendapatkan 4.7 juta penonton.

6. Habibie dan Ainun (2012)

Selanjutnya, film Habibie dan Ainun yang dirilis pada 20 Desember 2012 berhasil mendapatkan jumlah penonton sebanyak 4,5 juta. Film ini ditulis oleh Habibie mengenai kisah hidupnya bersama mendiang istrinya, Hasri Ainun Habibie. Film ini menceritakan tentang kisah Rudy Habibie yang merupakan seorang jenius ahli pesawat terbang yang memiliki mimpi sangat besar.

7. Pengabdi Setan (2017)

Film bergenre horor ini tayang pada tahun 2017 dan sukses mendapatkan sebanyak 4.2 juta penonton. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga harus mengusir hantu mendiang ibu mereka ketika ia mencoba menyeret mereka ke dunia lain.

Untuk kelanjutannya, film Pengabdi Setan 2 dijadwalkan akan tayang pada bulan Agustus 2022 mendatang.

Berita Terkait