7 Cadangan Emas Terbesar di Indonesia

27 April 2022 16:16 WIB

Penulis: Debrinata Rizky

Editor: Sukirno

7 Cadangan Emas Terbesar di Indonesia/ Ilustrasi : TrenData. (TrenData) (null)

JAKARTA - Emas merupakan bahan tambang yang memiliki peranan penting dalam memajukan ekonomi suatu negara. Hal ini berkaitan dengan produksi emas yang dapat menjadi cadangan devisa negara.

Salah satu sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomi tinggi adalah emas. Namun ada beberapa negara yang beruntung memiliki tambang emas. Karena emas merupakan sumber daya alam yang tidak terbarukan maka perlu kebijakan dalam mengolahnya.

Indonesia sendiri memiliki jumlah total cadangan emas sebesar 2.600 juta ton atau setara dengan 5% total cadangan emas di dunia. Menariknya, Papua memiliki cadangan emas terbesar nomor 1 di Indonesia, atau sebanyak 52% dari jumlah cadangan emas Indonesia.

Lalu pulau-pulau mana saja yang memiliki cadangan emas terbesar di Indonesia setelah Papua? Berikut tujuh pulau cadangan emas terbesar di Indonesia yang TreanAsia.com rangkum untuk Anda.

Menurut booklet emas dari Kemeterian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), ada enam pulau lain yang juga menjadi penyumbang kebutuhan emas dan memiliki cadangan terbesar setelah Papua. Pada urutan nomor dua ada Pulau Sulawesi dengan 557,05 juta ton.

Disusul Nusa Tenggara dengan cadangan emas sebesar 506,98 juta ton pada urutan ketiga, lalu Jawa 396,99 juta ton cadangan emas, Sumatra sebesar 168,56 juta ton, Kalimantan dengan cadangan emas sebesar 40,30 juta ton dan yang terakhir ada Maluku dengan cadangan sebesar 6,82 juta ton.
 

Berita Terkait