7 Benda yang Seharusnya Tidak Dibeli Saat Berada di Bandara

14 Agustus 2021 09:32 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Sukirno

7 Benda yang Seharusnya Tidak Dibeli Saat Berada di Bandara Bandara / Pexels.com/Skitterphoto ( Pexels.com/Skitterphoto)

JAKARTA - Semua orang tentu senang saat mendapatkan hari libur. Salah satu moda transportasi yang kerap digunakan saat liburan adalah pesawat.

Akan tetapi, bukan hanya liburan saja yang menyedot uang di dompet Anda. Melainkan benda dan barang-barang yang sering dibeli di bandara.

Ya, benda-benda tersebut biasanya dibandrol sangat mahal saat dijual di bandara. Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari membeli benda ini jika Anda sedang di bandara untuk menunggu pesawat yang akan Anda tumpangi.

1. Makanan

Makan sebelum melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat terbang memang merupakan hal yang baik. Mengutip dari laman Reader's Digest, sebaiknya hal tersebut tidak lagi Anda lakukan, karena makanan di bandara pada umumnya dibandrol harga yang terlalu mahal, tidak terlalu enak, dan tidak terlalu baik untuk Anda. Selain itu, sebagian besar pengunjung bandara membeli makanan bukan karena mereka benar-benar lapar, melainkan hanya sebagai cara untuk menghabiskan waktu untuk menunggu jadwal keberangkatan mereka.

2. Air Mineral

Perjalanan melalui udara dapat membuat Anda dehidrasi. Akan tetapi, membeli air mineral atau minuman di bandara sebaiknya dihindari karena selain harganya lebih mahal, Anda juga harus menghabiskannya sebelum pemeriksaan keamanan.

3. Souvenir

Bandara pada umumnya menjual banyak souvenir yang bisa menjadi buah tangan untuk dibawa para pelancong. Akan tetapi, apa pun yang Anda lakukan, sebaiknya hindari membeli oleh-oleh di bandara. Anda bisa memilih untuk membeli souvenir di tempat tujuan berlibur, bukan saat transit.

4. Mata Uang Asing

Ini mungkin salah satu hal terakhir yang akan Anda pikirkan ketika merencanakan perjalanan, tetapi jangan menukar uang Anda dengan mata uang asing di bandara, kata Jennifer McDermott, seorang advokat konsumen dan mantan ahli strategi komunikasi untuk sebuah perusahaan perjalanan besar.

“Sudah diketahui bahwa para pelancong datang tanpa persiapan, dan mengingat kurangnya persaingan di antara gerai penukaran mata uang di bandara, gerai tersebut cenderung membebankan biaya tinggi dan jauh dari nilai tukar terbaik.

5. Bantal Leher

Sebelum melakukan perjalanan Anda, pastikan Anda membeli bantal leher jika Anda akan melakukan penerbangan panjang. Hindari membeli bantal leher di bandara, karena biasanya dibandrol harga yang terlalu mahal dan bantal tersebut juga telah disentuh dan dicoba oleh banyak pelancong yang melewati toko tersebut.

6. Buku

Ada beberapa bandara yang memiliki toko buku di dalamnya. Otak Anda memang membutuhkan waktu untuk mencerna bacaan Anda, dan ada begitu banyak buku bagus yang dapat Anda baca dalam sehari. Tetapi, jangan menunggu sampai Anda tiba di bandara dan baru memikirkan hal tersebut. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membawa buku dari rumah, atau dengan meminjam lewat perpustakaan online yang tidak memakan biaya dan ruangan di koper Anda.

7. Koper

Akibat berbelanja terlalu banyak saat liburan, terkadang muncul niatan untuk membeli koper ekstra di bandar. Akan tetapi, hal tersebut sebaiknya dihindari. Hal ini karena Anda harus membayar mahal untuk sebuah koper tersebut.

Berita Terkait