6 Fitur Rahasia WhatsApp, Sepele Tapi Banyak Manfaat

10 September 2021 01:29 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Anov

Aplikasi WhatsApp (Istimewa)

JAKARTA - Aplikasi WhatsApp menjadi layanan pesan yang paling banyak digunakan oleh pengguna ponsel dari seluruh dunia.

Selain mudah digunakan, sejumlah fitur yang disediakan oleh WhatsApp membuat kegiatan kirim pesan lebih tidak membosankan.

Dalam beberapa tahun terakhir, WhatsApp banyak melakukan pembaharuan dan menyediakan sejumlah fitur. Sebagian dari fitur tersebut bahkan tidak diketahui sebagian orang. Lantas, apa sajakah fitur tersebut? berikut ulasannya

1. Bisa menyembunyikan obrolan tanpa memblokir

Merasa resah dengan pesan dari orang lain namun tidak ingin memblokirnya karena alasan tertentu? WhatsApp punya fitur untuk menyembunyikan obrolan tertentu.

Layanan tersebut dapat ditemukan dengan fitur arsip. Jika menggunakan fitur ini, obrolan dari kontak tersebut tidak akan muncul di layar. Namun, pengguna tetap bisa menerima pesan tersebut jika melakukan pengecekan di folder arsip.

Layanan ini bisa digunakan untuk obrolan grup ataupun personal. Meski begitu, pesan tpersonal ataupun grup terarsip yang baru saja diterima tetap akan muncul di tab obrolan (jika fitur tampilkan pesan di tab diaktifkan).

Adapun cara menggunakan fitur arsip ini sangat mudah. Anda hanya perlu mengetuk dan menahan pesan personal ataupun grup yang ingin diarsipkan.

Setelah itu, di bagian atas akan muncul sejumlah ikon. Pilih  ikon kontak dengan tanda panah ke bawah. Setelah menekan ikon tersebut, maka obrolan berhasil di arsipkan.

Bagi pengguna iPhone, caranya lebih mudah. Anda hanya perlu menggeser pesan yang ingin diarsipkan ke sebelah kiri.

Untuk melihat atau mengakses pesan whatsapp yang sudah diarsipkan, Anda bisa melihatnya dari pilihan pesan paling atas.

2. Memulai obrolan tanpa menyimpan nomor

Biasanya untuk memulai obrolan baru pengguna harus menyimpan nomor tersebut di daftar kontak pemilik ponsel. Namun kini Anda tidak perlu melakukan hal tersebut dengan melakukan trik khusus.

Meski begitu, trik yang satu ini bisa dibilang agak ribet. Anda terlebih dahulu diharuskan menginstal aplikasi Click to Chat yang bisa ditemukan di Playstore atau App Store.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memulai obrolan via WhatsApp tanpa harus menyimpan kontak tersebut.

3. Mendengan pesan suara secara privat

Jika malas mengetik, sejumlah orang biasanya mengirimkan pesan suara atau voice note. Sayangnya, pesan suara melalui whatsapp biasanya terdengar oleh banyak orang, terlebih jika anda tak menggunakan earphone.

Namun ada cara untuk bisa mendengarkan pesan suara secara privat di tempat umum tanpa memerlukan earphone.

Caranya, anda hanya perlu menekan tombol play dan langsung meletakkan smartphone Anda ke telinga layaknya sedang menelpon. Dengan begitu, secara otomatis WhatsApp akan mengubah output suara dari speaker utama ke speaker earpiece.

4. Memeriksa apakah kontak diblokir

Pengguna WhatsApp pasti pernah mengalami diblokir atau memblokir kontak tertentu. Ternyata, ada trik untuk mengetahui apakah kontak kita diblokir atau tidak.

Untuk memastikan, anda dapat mengirim pesan pada kontak tersebut. Jika terdapat centang satu dalam waktu lama, tanda anda diblokir oleh kontak tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat melihat dari status last seen. Jika tulisan Last Seen tersebut tak muncul, berarti Anda kemungkinan diblokir.

5. Memastikan pesan terbaca atau tidak bagi kontak yang tidak mengaktifkan centang biru

Sejumlah pengguna menggunakan fitur untuk tidak mengaktifkan centang biru. Biasanya, centang biru merupakan tanda bahwa pesan tersebut telah dibaca.

Untuk melakukan pengecekan, Anda dapat mencoba mengirimkan pesan suara. Jika pesan suara berwarna biru, makan pengguna tersebut sudah membaca pesan Anda.

Jika pengguna tak kunjung membalas, maka bisa jadi Anda memang benar-benar diabaikan.

6. Menggunakan notifikasi berbeda di tiap kontak

Sedang menunggu pesan dari orang tertentu namun yang datang malah pesan lain? Anda sekarang dapat melakukan pengaturan notifikasi pada pesan masuk via WhatsApp.

fitur ini memungkinkan perbedaan notifikasi dari grup atau pesan personal yang berbeda.

Adapun cara melakukannya, anda dapat membuka pengaturan chat dan menekan nama grup atau kontak yang ingin diberikan notifikasi berbeda. Setelah itu, pilih ikon titik tiga yang ada di obrolan grup atau personal.

Jika sudah, Anda dapat memilih opsi custom notification. Tekan pilihan tersebut kemudian pilih notifikasi seuai keinginan Anda untuk kontak tersebut. 
 

Berita Terkait