6 Destinasi Wisata di Jogja Ini Cocok untuk Anak Kecil

01 November 2021 01:10 WIB

Penulis: Amirudin Zuhri

Editor: Amirudin Zuhri

Tugu Jogja, ikon wisata di Jogja (Tyo)

YOGYAKARTA– Tempat-tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah mulai dibuka. Orang tua juga diperbolehkan membawa masuk anak-anak di bawah usia 12 tahun ke tempat wisata, tentunya dengan pengawasan orang tuanya.

Nah, seiring diperbolehkannya anak-anak ikut berwisata, ada beberapa alternatif wisata di Jogja yang cocok buat keluarga. Penasaran di mana saja tempat-tempat wisata itu? 

Berikut ini 5 tempat wisata di Jogja yang cukup disenangi anak-anak:

1. Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi identic dengan wisata edukasi. Wisata ini menyediakan tempat belajar budidaya hewan. Agrowisata Bhumi Merapi juga menawarkan pengalaman melihat proses pembuatan kopi luwak. Di sini terdapat spot Langlang Buana, di mana di dalamnya terdapat miniature kota ikonik di dunia. Salah satunya adalah Kota Santorini. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, kamu harus merogoh kocek Rp30.000 perorang.

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis berada di wilayah Kabupaten Bantul. Lokasinya juga termasuk paling dekat dengan Kota Yogyakarta. Karena itu, akses menuju pantai ini sangat mudah. Hal menarik di pantai ini adalah bisa berkeliling dengan jeep, ATV, atau delman. Pada sore hari, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan sunset. Harga tiket masuk ke pantai ini cukup murah, hanya Rp10.000.

3. Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong merupakan studio alam terbuka, di mana di dalamnya terdapat bangunan jadul. Studio ini awalnya dibangun untuk project syuting beberapa film dan biasanya ditutup saat ada syuting. Tempat ini juga menjadi wisata edukasi mengenai perfilman. Untuk masuk ke Studio Alam Gamplong, kamu harus membayar Rp10.000.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi peninggalan Hindu yang terletak di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 masehi. Diperkirakan dulu ada ratusan candi, namun hanya 18 diantaranya yang berhasil dipugar. Fasilitas kereta taman, mobil cart, dan sepeda tersedia di sini. 

5. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu alternatif buat mengajak buah hati jalan-jalan meinkmati pemandangan alam. Selain bisa bersantai di bawah rindangnya pepohonan hutan pinus, kamu juga bisa foto-foto selfie di sini. Untuk bisa menikmati pemandangan alam di sini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk Rp3.000. Murah banget bukan?

6. Heha Sky View

Heha Sky View merupakan taman buatan yang luas disertai dengan restoran. Banyak spot instagramable di sini, seperti sky glass, sky ballon, sky garden, dan sebagainya yang cukup menarik untuk jadi background foto. Panorama alam hijau dapat disaksikan pada siang hari, sementara panorama gemerlap lampu kota dapat dinikmati pada malam hari dari sini.

Yuk, ajak buah hati berwisata ke tempat-tempat tadi. Tak hanya berwisata, kamu juga memberikan edukasi untuk mereka lho. (*) 

Tulisan ini telah tayang di jogjaaja.com oleh Tyo S pada 31 Oct 2021 

Berita Terkait