5 Tips Mengejutkan untuk Berhemat di Rumah

JAKARTA – Di saat-saat seperti ini, di mana ketidakpastian membayangi setiap aspek kehidupan, mengelola keuangan selalu dilakukan satu per satu.

Serangan Covid-19 telah mengajari kita bahwa menabung, bahkan dalam jumlah kecil, tidak akan pernah ketinggalan zaman. Kita mungkin mengabaikan perubahan kecil dalam hidup kita, mengabaikan dampaknya secara kolektif terhadap kita.

Saran-saran ini mungkin tampak kecil, tetapi ketika mereka dilakukan secara kolektif, saran-saran ini membantu seseorang menghemat sejumlah besar uang dalam jangka panjang.

Berikut beberapa langkah yang dapat kamu lakukan setiap hari untuk menghemat biaya. Langkah ini dikutip dari Financial Express.

Penganggaran

Langkah pertama mengelola keuangan yang efektif adalah penganggaran. Penganggaran memastikan kita berpegang pada rencana dan tidak melampaui target.

Penting untuk merencanakan tujuan di masa depan dengan mempertimbangkan biaya di masa depan. Misal, mempertimbangkan inflasi.

Beli Produk Refurbished (Rekondisi)

Produk rekondisi adalah produk yang sebelumnya telah dikembalikan ke produsen atau vendor karena berbagai alasan dan kemudian biasanya diuji dan diperbaiki sebelum dijual kembali ke publik.

Produk rekondisi dengan harga lebih rendah mempertahankan standar kualitas dan mungkin juga disertai garansi oleh penjual. Ketika membeli barang rekondisi, lakukanlah secara cermat, utamanya untuk barang-barang penting.

Pembelian Cerdas

Ikuti tips menarik ini saat membeli barang untuk rumahmu:

  • Rencanakan pembelian kamu dan berkolaborasi dengan tetangga atau kerabatmu untuk membeli barang dalam jumlah besar dan dapatkan diskon yang lebih banyak.
  • Atur waktu pembelian, misalnya saat akhir tahun untuk mendapatkan harga lebih miring.
  • Untuk menghindari pembelian secara emosional, tunggu satu hari untuk menutup semua premi dari daftar item yang ingin kamu beli. Hal ini akan membantumu terhindar dari ‘pasrah pada naluri’.
  • Selalu perhatikan penawaran yang disediakan portal pembayaran saat melakukan pembelian.
  • Jika kamu punya poin reward dalam kartu kreditmu, kamu bisa gunakan poin reward itu untuk membeli barang.
  • Bayar tagihan kartu kredit tepat waktu.

Kualitas daripada Harga

Saat membeli produk dengan harga tinggi untuk rumahmu, pertimbangkan kualitas daripada harga. Hal ini untuk menghindari biaya perbaikan atau penggantian di kemudian hari ketika barang yang dibeli kualitasnya tidak bagus.

Namun, perlu diingat, harga yang lebih tinggi tidak selalu menjamin kualitas. Karena itu, penting untuk mempertimbangkan ulasan dan layanan purna jual produk.

Listrik

Listrik sering diabaikan, padahal merupakan aspek sangat penting yang tidak boleh luput perhatian. Beberapa saran di bawah ini dapat membantu mengurangi atau mengoptimalkan pembelanjaan listrik:

  • Jaga pengaturan suhu pada Air Conditioner di tingkat optimal sekitar 23-25 ​​derajat.
  • Cuci ember di atas pancuran.Ini membantu menghemat air dan juga mengurangi beban pada air mancur panas, yang bisa berdampak signifikan pada konsumsi listrik.
  • Tindakan kecil lainnya seperti mematikan water purifier di malam hari, mematikan sistem komputer, dll berkontribusi terhadap tujuan ini.
Tags:
budgetingkeuangan rumah tanggalistrikmenabungpenganggaranpengelolaan keuanganproduk refurbishedproduk rekondisi
%d blogger menyukai ini: