5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Kadang Luput dari Pandangan

06 Agustus 2022 10:37 WIB

Penulis: Feby Dwi Andrian

Editor: Ananda Astri Dianka

insurance-451288_960_720.jpg (https://pixabay.com/id/illustrations/asuransi-asuransi-jiwa-pensiun-451288/)

JAKARTA-Mempunyai asuransi kesehatan di zaman sekarang tentu bisa menjadi bantalan agar hidup bisa aman dan nyaman. 

Sayangnya, masalah kesehatan kerap menjadi perhatian kesekian dibandingkan dengan aspek kehidupan yang lain. Orang-orang cenderung fokus membangun karir dan menikmati hasilnya secara instan alih-alih menginvestasikan uang untuk kesehatan masa depan. 

Padahal, quote dari penyair populer asal Roma, Virgil mengatakan ‘kekayaan terbaik adalah kesehatan’ itu memang benar adanya. Apalagi COVID-19 memberikan prlajaran berharga bahwa memiliki asuransi kesehatan sangatlah penting di zaman sekarang. 

Lalu mengapa kita harus memiliki asuransi? 

Asuransi membantu kita untuk perlahan berinvestasi. Seperti kata pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Memang di awal akan terasa berat namun anda tidak perlu khawatir lagi saat anda menyentuh usia pensiun. 

Namun sebaiknya anda perlu tahu juga beberapa hal yang bisa diperhatikan jika ingin memakai jasa asuransi. 

1. Sesuaikan dengan kondisi kesehatan dengan manfaat asuransi

Jika anda sudah menjaga tubuh tetap sehat dan bugar di masa muda, alangkah baiknya anda bisa memilih pilihan ataupun skema yang bisa anda rasakan kelak. Seperti biaya kamar, dokter sampai kepada pembedahan. 

2. Cari latar belakang mengenai perusahaan asuransi 

Jangan seperti mengambil kucing dalam karung, anda perlu pelajari beberapa perusahaan asuransi yang ada di Indonesia dan pastinya terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Kemudahan dalam mengajukan klaim ke rumah sakit 

Di era yang serba cepat dan juga butuh respons yang tepat, anda harus bisa memilah mana perusahaan asuransi yang memudahkan anda jika suatu waktu anda harus dirujuk ke rumah sakit 

4. Sesuaikan dengan anggaran 

Penting bagi anda dan keluarga mengatur kembali budgeting yang dibutuhkan untuk didaftarkan ke perusahaan asuransi, jangan sampai mengganggu pos-pos keuangan anda yang lain. 

5. Pilih asuransi kesehatan dengan jejaring rumah sakit yang luas

Anda bisa berselancar di internet dan memilih rumah sakit yang sudah berafiliasi dengan asuransi yang anda pakai. Jangan sampai jaraknya terlalu jauh dari lokasi anda tinggal.

Berita Terkait