5 Tips Atur Duit untuk Fresh Graduate

26 Agustus 2021 02:50 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Sukirno

Tips Mengatur Keuangan untuk Anda yang Baru Saja Lulus Kuliah (Pexels.com/Pixabay)

JAKARTA - Ketika Anda baru saja lulus dari perguruan tinggi, Anda memiliki banyak peluang yang tersedia untuk Anda lakukan dan coba. Saat Anda lulus, Anda memiliki kesempatan untuk membentuk kebiasaan finansial yang baik serta mempersiapkan diri untuk kesuksesan finansial di masa depan.

Jika Anda mengambil langkah yang tepat sejak awal, Anda akan memiliki keuangan yang lebih stabil dan bisa pensiun dengan nyaman. Berikut tips perencanaan keuangan yang harus Anda lakukan.

1. Mulai Menabung untuk Pensiun

Semakin cepat Anda menabung untuk masa pensiun, maka semakin baik. Jika Anda sudah mulai menabung untuk pensiun menggunakan gaji pertama Anda, Anda akan mudah menyesuaikan diri dengan gaji dan biaya hidup yang baru.

Ketika Anda berusia 20-an, Anda dapat berinvestasi untuk jenis investasi yang lebih agresif. Investasi tersebut memiliki risiko tinggi tapi akan tumbuh lebih cepat. Namun, investasi risiko tinggi tersebut sangat cocok untuk digunakan sebagai investasi jangka panjang.

2. Buat Rencana untuk Hal Tak Terduga

Hidup ini penuh dengan kejutan. Bisa saja suatu saat Anda mampu melakukan perjalanan atau travelling impian Anda. Tapi suatu saat, mungkin Anda harus mengalami hal-hal yang tidak terduga seperti mobil mogok, atau mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menyisihkan uang untuk menutupi pengeluaran tak terduga, sehingga Anda dapat menanganinya tanpa khawatir. Anda juga perlu mempersiapkan pengeluaran lain yaitu untuk melunasi utang. Jika Anda memiliki rumah, cobalah untuk menyisihkan uang untuk biaya perbaikan atau proyek renovasi rumah.

3. Kejar Impianmu

Ketika lulus, Anda memiliki begitu banyak peluang yang tersedia untuk Anda. Cobalah untuk membuat rencana lima tahun yang akan mencakup di mana dan apa yang ingin Anda capai dalam lima tahun ke depan.

Lima tahun pertama karier Anda penting dalam mengarahkan Anda ke arah yang benar. Pastikan bahwa Anda tidak menetap pada pekerjaan yang tidak memiliki potensi untuk berkembang. Jika pasar sulit untuk dimasuki atau tidak ada banyak pekerjaan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil kelas tambahan dan meningkatkan sertifikasi Anda.

4. Membuat Penganggaran

Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah menguasai kemampuan penganggaran. Tidak masalah berapa banyak uang yang Anda hasilkan, jika Anda tidak memiliki rencana yang kuat tentang apa yang ingin Anda lakukan dengan uang itu maka hal ini akan memicu pemborosan.

Uang dapat menjadi alat yang tepat untuk Anda mencapai tujuan dan menjalani kehidupan yang nyaman. Akan tetapi, Anda harus mengendalikannya.

Dengan memiliki anggaran keuangan, maka Anda dapat menghindari utang dan membuat Anda lebih siap untuk langkah selanjutnya seperti membeli rumah atau memulai berkeluarga.

Berita Terkait