5 Stadion Bola di Dunia dengan Desain Menarik dan Keren, Ada yang Mirip Peci

29 Januari 2022 15:10 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Laila Ramdhini

5 Stadion Bola dengan Desain Menarik dan Keren, Ada yang Mirip Peci /foto: tangkapan layar

JAKARTA – Stadion menjadi daya tarik sendiri bagi penikmat olah raga sepak bola untuk melihat pertandingan tim kebanggaan. Biasanya stadion dibangun di atas lahan yang luas dengan bangunan yang besar, megah, dan menakjubkan.

Selain besar nan megah, ada beberapa stadion yang dibangun dengan desain unik dan menarik. Berikut lima stadion yang miliki desain menarik di dunia.

1. Stadion Ottamar Hitzfeld

Stadion di Gunung Alpen, Swiss/foto: Tangkapan layar

Stadion satu ini tidak seperti stadion pada umumnya karena karena berada di luar ruangan dan tidak memiliki atap. Namun, kelebihannya penonton yang berkunjung ke sini disajikan langsung pemandangan indah pegunungan Alpen di Swiss karena berada dibagian Gunung Alpen. 

Penonton yang berkunjung diharuskan menaiki kereta gantung atau helikopter terlebih dahulu karena letaknya ada diketinggian 2.000 meter di atas laut.

2. Stadion Timsah Arena

Lokasi stadion ini berada di Turki milik dari klub asal Bursaspor. Bangunan studion unik ini memiliki desain yang mirip seperti buaya yang sedang tertidur melingkar dengan atapnya berwarna hijau seperti kulit buaya pada umumnya. Menjadikan stadion ini semakin mirip dengan buaya aslinya dan mampu menampung sebanyak 43 ribu penonton di dalamnya.

3. Stadion Al-Thumama

Tampak atas stadion yang mirip peci untuk Piala Dunia 2022/foto: Tangkapan layar

Tahu kah Anda, kalau Stadion Al-Thumama ini menjadi tempat perhelatan pesta sepak bola Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan antara November-Desember? Lokasinya berada di Doha, Qatar yang mampu menampung 40.000 penonton, termasuk kecil untuk stadion piala dunia.

Uniknya, stadion ini terlihat mirip seperti peci, gahfiya atau penutup kepala khas masyarakat Arab. Arsitek yang membangun stadion ini Ibrahim M. Jaidah mengaku dirinya terinspirasi dari bentuk peci untuk membangun stadion satu ini.

4. Jakarta International Stadium

Tampak atas Jakarta International Stadium seperti permen lolipop raksasa/foto: Tangkapan layar

Bangunan stadion kebanggaan masyarakat Indonesia ini masih dalam tahap pembangunan yang sebentar lagi akan selesai pembangunannya.

Jakarta International Stadium (JIS) memiliki bangunan unik yang mirip seperti permen lollipop raksasa. Selain unik, stadion besar yang ada di Jakarta ini mampu menampung 82.000 penonton di dalamnya.

5. Stadion Marina Bay

Stadion terapung terbesar yang ada di Singapura/foto: Tangkapan layar

Keunikan dari Stadion Marina Bay milik Singapura ialah bangunannya yang terapung dan menjadi stadion terapung terbesar di dunia. 

Beban stadion ini mencapai 1.070 ton dengan kapasitas kursi penonton sebanyak 30.000 orang. Dengan memasang enam tiang ke dalam dasar laut yang menjadi penopang dasar stadion terapong Marina Bay. Tiga jalur menghubungkan platform mengambang ke darat yang sudah dibangun dengan baik untuk tetap stabil. 

Berita Terkait