5 Resolusi Keuangan yang Harus Diterapkan di Tahun 2022 Agar Kondisi Finansial Lebih Baik

01 Januari 2022 05:57 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

5 Resolusi Keuangan yang Harus Diterapkan di Tahun 2022 Agar Kondisi Finansial Lebih Baik (Freepik.com/Freepik)

JAKARTA - Salah satu hal yang identik dengan menyambut awal tahun baru adalah membuat resolusi. Sekarang mungkin Anda sudah memiliki beberapa resolusi yang menyangkut soal olahraga, makan makanan yang lebih sehat, dan ingin meminimalisir menghabiskan waktu di media sosial. Namun, ada baiknya juga jika Anda menetapkan beberapa resolusi keuangan yang bisa diterapkan di tahun 2022 ini.

Berikut beberapa resolusi keuangan yang perlu untuk mulai diterapkan di tahun 2022 agar kondisi finansial Anda semakin baik.

1. Bangun Dana Darurat

Dana darurat bisa menjadi satu-satunya penyelamat Anda saat tiba-tiba ada tagihan yang tidak direncanakan tapi pendapatan Anda justru tidak dapat mencukupi tagihan. Idealnya, Anda perlu memiliki cukup uang di rekening tabungan paling tidak tiga sampai enam bulan biaya hidup Anda. 

Jika Anda saat ini masih belum memiliki dana darurat, tahun 2022 resolusi ini harus Anda terapkan. Jika saat ini Anda sudah memiliki dana darurat, Anda bisa meningkatkan dana darurat Anda, misalnya yang semula dana darurat hanya bisa mencukupi kebutuhan tiga bulan, tingkatkan sampai 6 bulan, dan seterusnya.

2. Lunasi Utang Berbunga Tinggi

Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk meningkatkan kondisi keuangan jika masih memiliki utang, apalagi yang berbunga tinggi. Oleh karena itu agar keuangan Anda semakin membaik, sebaiknya Anda fokus untuk melunasi utang terlebih dahulu.

3. Menabung untuk Masa Pensiun

Anda mungkin mendapatkan dana pensiun dari kantor Anda, tapi mengandalkan dana pensiun tersebut tidak akan cukup untuk menopang sebagian besar kebutuhan Anda saat hari tua, apalagi tanpa adanya penghasilan tambahan. Oleh karena itu, sebaiknya di tahun 2022 ini Anda mulai menabung untuk masa pensiun. Anda juga bisa mulai mencari pekerjaan sampingan untuk menambah tabungan pensiun.

4. Tetap pada Anggaran

Tanpa anggaran, Anda mungkin akan kehilangan jejak seberapa banyak yang Anda belanjakan untuk berbagai pengeluaran. Selain itu, tanpa anggaran juga akan mempersulit pencapaian Anda untuk meraih tujuan lain seperti menabung untuk keadaan darurat atau membayar utang.

5. Belajar Investasi

Jika Anda belum pernah investasi, tahun 2022 yang akan datang Anda bisa mulai mencoba untuk mempelajari investasi dan mencari investasi yang cocok dan aman untuk Anda. Anda juga perlu untuk mendiversifikasi portofolio, karena meletakkan semua uang hanya dalam satu jenis investasi justru dapat meningkatkan risiko Anda. Jika investasi tunggal tersebut gagal, maka semua uang Anda bisa hilang. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari investasi dengan hati-hati sebelum memulai mencoba berinvestasi.

Itu tadi beberapa resolusi keuangan yang perlu diterapkan di tahun 20200 agar kondisi finansial lebih baik. Selamat mencoba.

Berita Terkait