5 Promo HUT ke-495 Jakarta: Transjakarta, MRT, LRT hingga Museum Gratis!

22 Juni 2022 07:25 WIB

Penulis: Merina

Editor: Fakhri Rezy

Parade karnaval ondel-ondel meramaikan perayaan HUT DKI ke-495 di Jakarta Fair, Kemayoran, Selasa, 21 Juni 2022 malam. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA - Menyambut hajatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jakarta memberikan hadiah berupa beberapa fasilitas transportasi umum DKI Jakarta. 

Adapun transportasi yang terdapat promo seperti LRT, MRT dan Transjakarta yang dapat digunakan secara gratis. Tidak ketinggalan, tempat-tempat hiburan di Jakarta seperti museum hingga Ancol juga digratiskan.

Oleh sebab itu, Jakarta, 22 Juni 2022, berikut promo-promo yang bisa disediakan saat HUT ke-495 Jakarta:

1. TransJakarta

Dilansir dari laman resmi instagram Pt_transjakarta angkutan bus tersebut dapat digunakan secara gratis pada 22 Juni pukul 05:00-24:00 WIB dan berlaku bagi seluruh layanan Transjakarta terkecuali Royaltrans.

2. MRT Jakarta

Selain itu pada laman instagram Mrtjkt, kendaraan tersebut dapat digunakan dengan harga Rp1 bagi penumpang eksisting maupun penumpang baru yang menggunakan kartu uang elektronik keluaran tahun 2019 ke atas, kartu jelajah berganda atau kartu multi trip (KMT) serta tiket QR pada aplikasi MRT-J atau Jaklingko yang telah dihubungkan dengan e-wallet berisi saldo. 

3. LRT

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin menggunakan LRT secara gratis diharuskan menggunakan kartu uang elektronik atau menggunakan aplikasi LinkAja pada telepon genggam masing-masing.

Meskipun dapat digunakan secara gratis, masyarakat tetap dianjurkan untuk melakukan tap in dan out dalam menggunakan transportasi tersebut.

4. Museum

Di saat yang bersamaan, Dinas Kebudayaan DKI Jakarta (Disbuddki) turut menggratiskan harga kunjungan 11 museum yang dikelola oleh Disbuddki pada 22 Juni 2022 ini, yang mana museum-museum tersebut terdiri dari:

Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum Prasasti, Museum MH Thamrin, Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Taman Arkeologi Onrust, Rumah Si Pitung dan Museum Betawi Setu Babakan.

5. Ancol

Ancol pun juga menyediakan tiket gratis untuk pengunjung di hari Ultah Jakarta. Di mana, promo hanya dapat dilakukan di website resmi Ancol. Namun, pemesanan tiketnya harus dilakukan paling lambat H-1 hajatan tersebut. 

Berita Terkait