5 Platform Digital Termasuk Halodoc Buka Layanan Rapid Test Online, Tarif Rp295.000

JAKARTA – Sejumlah platform digital seperti Halodoc, Bhineka.com, Ceklab.id, Tiket.com, hingga DokLink, membuka tes cepat (rapid test) dengan pendaftaran secara online bertarif mulai dari Rp295.000 per orang.

Surat keterangan bebas COVID-19 yang diperoleh dari hasil rapid test menjadi syarat tambahan bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum.

Rapid test merupakan skrining awal dalam tubuh melalui sampel darah. Sampel inilah yang memberi informasi adanya imunoglobulin atau IgM dan IgG dalam tubuh manusia.

Kementerian Perhubungan melonggarkan aturan bagi masyarakat yang akan bepergian dengan pesawat terbang tidak perlu melalui tes polymerase chain reaction (PCR), melainkan cukup dengan rapid test.

“Kami tidak ingin bahwa syarat-syarat terlalu ketat. Apalagi PCR biayanya mahal daripada ke Yogyakarta dan Surabaya. Jadi, jelas aturan Gugus Tugas itu untuk dalam negeri cukup rapid test, luar negeri PCR,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Selasa lalu.

Menhub menjelaskan, aturan tersebut ada dalam Peraturan Menteri Nomor 41 Tahun 2020, tentang perubahan atas Permenhub Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 yang ditetapkan oleh Menhub pada 8 Juni 2020.

Menanggapi kelonggaran kebijakan tersebut, sejumlah platform digital kemudian berlomba-lomba menghadirkan layanan tes cepat ini melalui aplikasinya, dari layanan kesehatan hingga platform belanja daring.

Layanan rapid test dari sejumlah platform telah banyak digunakan oleh masyarakat. Melalui media sosial Twitter, salah satu pengguna mengungkapkan, ketika menjalani rapid test, tenaga medis mengganti sarung tangannya untuk setiap pasien yang ditangani.

Disertai foto, akun Twitter dengan nama pengguna @hasseyyo juga mengatakan, para tenaga medis yang memberikan rapid test rutin menyemprot alkohol saat memegang benda-benda yang diperlukan.

Sementara itu, pengguna Twitter @penpennapen mengaku mendapatkan kupon potongan harga yang diberikan salah satu platform penyedia rapid test. Dalam cuitannya pada 27 Mei ini, dia mengaku telah menghemat hingga Rp295.000, dibuktikan dengan hasil tangkapan layar transaksi.

Saat TrenAsia.com mencoba secara langsung layanan rapid test dari salah satu platform, biaya yang dibebankan bagi para pelanggan sebesar Rp295.000. Biaya tersebut akan ditampilkan setelah pengguna selesai membuat janji dengan dokter dan mengunggah kartu identitas.

Berikut layanan rapid test yang ditawarkan dari sejumlah platform digital:

1. Halodoc

Aplikasi kesehatan berbasis daring Halodoc menyediakan layanan rapid test untuk para penggunanya. Pengguna dapat membuka aplikasi Halodoc dan mengeklik pilihan Tes COVID-19 serta menentukan janji dengan dokter, baik lokasi maupun waktunya. Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk mengunggah foto/scan informasi diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) untuk melakukan pemesanan.

Dalam layanan ini, Halodoc bekerja sama dengan lebih dari 20 rumah sakit yang tersebar di Jabodetabek hingga Karawang, di antaranya Rumah Sakit Mitra Keluarga, Rumah Sakit St. Carolus, RS Mayapada, RS Primaya, dan Rumah Sakit Bina Husada Cibinong.

Adapun Halodoc tidak mematok harga harga secara pasti dikarenakan biaya bergantung pada jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang diberikan oleh pihak rumah sakit.

“Halodoc menyediakan layanan rapid test yang berlokasi di Jabodetabek bekerja sama dengan berbagai mitra rumah sakit,” tulis keterangan resmi di laman Halodoc.

2. Bhinneka.com

Platform belanja daring untuk kebutuhan perangkat komputer Bhinneka.com menyediakan layanan rapid test dengan menggandeng Triasse, penyedia layanan tes laboratorium dan pemeriksaan kesehatan dari PT Digital Medika Informatik.

Layanan rapid test yang ditawarkan Triasse dan Bhinneka.com ini menyasar pada kebutuhan perusahaan, mulai dari pengecekan dasar hingga rapid test oleh laboratorium rekanan resmi mereka.

Untuk melakukan rapid test, perusahaan mendaftar melalui platform Bhinneka.com. Pendaftaran dapat dilakukan oleh divisi SDM, atau divisi terkait di masing-masing perusahaan untuk kemudian ditindaklanjuti oleh tim terkait mengenai teknis pelaksanaannya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pendataan karyawan yang akan melakukan tes, tahapan screening awal secara daring, dan diteruskan tes yang dilakukan di kantor atau di kediaman klien di Jabodetabek. Hasil tes kemudian akan ditindaklanjuti dengan memberikan rujukan, baik ke rumah sakit kerja sama Triasse maupun perawatan mandiri melalui telemedicine.

3. Ceklab.id

Platform penyedia layanan pemeriksaan laboratorium Ceklab.id juga menawarkan paket rapid test. Dalam laman resminya, paket rapid test dari Ceklab.id dibanderol dengan harga Rp450.000 untuk satu kali pemeriksaan. Dalam layanannya, rapid test dari platform asal Surabaya ini dilakukan di kediaman pengguna. Para petugas dari Ceklab.id nantinya akan mendatangi lokasi pengguna untuk melakukan pengujian.

Diketahui, layanan rapid test dari Ceklab.id yang dilakukan di kediaman pengguna telah tersedia di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Saat ini, Ceklab.id telah menyediakan sebanyak 2.000 alat rapid test. Dari jumlah tersebut, terdapat 300 orang yang menggunakan layanan rapid test via Ceklab.id.

Melalui akun instagram resminya, Ceklab.id melaporkan salah satu pengguna yang puas terhadap layanan PCR. Selain itu, pengguna tersebut mengaku akan merekomendasikan kepada rekannya yang membutuhkan layanan tersebut.

4. Tiket.com

Tiket.com menyediakan layanan rapid test  bagi pengguna yang membeli tiket pesawat melalui platform-nya. Melalui program fitur Add-on, agen travel berbasis digital ini bekerja sama dengan Halodoc untuk memfasilitasi para penumpang yang membeli tiket pesawat melalui seluruh kanal, mulai dari website, mobile web, hingga aplikasi.

Namun, layanan rapid test yang ditawarkan Tiket.com kepada para penggunanya ini memiliki beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi, yakni rapid test hanya tersedia pada rute dan jadwal yang telah ditentukan. Jika pilihan rute dan jadwal tiket tersedia, fitur add-on rapid test dapat terlihat secara otomatis. Selain itu, rapid test COVID-19 berlaku untuk semua penumpang dalam satu pemesanan.

Layanan rapid test akan diterima setelah pengguna melakukan pembayaran dan mendapatkan e-voucher dan kode voucher yang dapat digunakan untuk melakukan rapid test COVID-19 melalui aplikasi Halodoc.

5. DocLink

Sejalan dengan Bhinneka.com, DocLink menyediakan rapid test untuk para pegawai. Ketika melakukan rapid test, pengguna yang merupakan pegawai dapat memilih lokasi dilakukannya rapid test, yakni di tempat layanan kesehatan yang ditunjuk DockLink atau di kantor tempat mereka bekerja.

Untuk melakukan rapid test, pengguna dapat mendaftarkan diri dan memesan jadwal dengan dokter yang telah disediakan. Setalah itu dokter akan melakukan pemeriksaan dengan mendatangi lokasi para pangguna. Namun, untuk sementara waktu, layanan rapid test dari PT Aplikasi Indonesia Sehat ini baru tersedia di wilayah Bogor. (SKO)

Tags:
bhinneka.comCeklab.idCovid-19DocLinkhalodocHeadlineonlineRapid TestTes Cepat CoronaTiket.com
%d blogger menyukai ini: