5 Pengeluaran Tidak Penting yang Hanya Menghabiskan Isi Tabungan

09 Oktober 2021 04:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

5 Pengeluaran Tidak Penting yang Hanya Menghabiskan Isi Tabungan (Foto: Pixabay.com/Chronomarchie )

JAKARTA - Semua orang tentu memiliki pengeluaran rutin bulanan yang berbeda-beda, dan harus dibayarkan setiap bulannya. Hal tersebut biasanya mencakup paket internet yang Anda gunakan, pulsa telepon, listrik, makan siang, dan sebagainya. Akan tetapi, terkadang Anda tentu pernah merasakan betapa sulitnya untuk lepas dari pengeluaran yang tidak dibutuhkan. 

Meski tidak terlalu dibutuhkan, Anda kerap merasa hal tersebut tetap perlu Anda bayar. Padahal pembayaran tersebut hanya akan menghabiskan uang Anda di tabungan.

Berikut deretan pengeluaran tidak penting yang hanya bisa menghabiskan uang di tabungan Anda.

1. Makan di Luar

Makan di luar memang terkesan lebih nikmat dan lebih praktis. Hal ini karena kita tidak perlu memasaknya sendiri yang tentunya lebih menyita banyak waktu. Namun, jika hal ini terus menerus dilakukan, maka keuangan Anda bisa mengkhawatirkan.

Sebagai solusinya, cobalah untuk memasak selama akhir pekan. Dengan berhenti makan di luar maka pengeluaran Anda bisa diminimalisir. 

2. Keanggotaan Gym

Pembayaran keanggotaan gym termasuk mahal, terutama jika Anda sudah terikat kontrak atau kesepakatan. Akan tetapi, jika Anda sulit berkomitmen dan memiliki kesibukan yang cukup padat, maka keanggotaan gym bisa menjadi hal yang cukup menguras keuangan Anda. Untuk mengatasi hal tersebut maka Anda sebaiknya menggantinya dengan mencoba berolahraga di rumah atau jogging di lingkungan dekat rumah Anda.

3. Liburan Mahal

Liburan memang merupakan hal yang sangat menyenangkan. Akan tetapi, jika Anda masih memiliki utang atau Anda sedang berjuang untuk memenuhi kebutuhan, maka sebaiknya Anda tidak boleh menghabiskan banyak uang untuk liburan setiap tahun.

Anda mungkin bisa tetap merencanakan liburan, tetapi yang hanya membutuhkan budget kecil seperti berkemah atau ke suatu lokasi tempat wisata yang bisa dicapai menggunakan mobil atau kendaraan pribadi.

4. Tinggal di Daerah yang Anda Tidak Mampu

Jika Anda membayar lebih dari sekitar 25% dari gaji Anda untuk sewa rumah setiap bulan, hal tersebut bisa menguras pendapatan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati menentukan bagaimana rumah atau tempat tinggal yang Anda mampu.

5. Biaya Hiburan

Biaya hiburan ternyata bisa menguras isi tabungan Anda. Hiburan bisa berbentuk video game, menonton film, membaca buku, atau kuliner. Hal tersebut jika tidak diatur dengan teliti dan hati-hati, justru bisa membuat Anda lebih stres karena keuangan Anda semakin menipis. 

Berita Terkait