5 Langkah Menerapkan Metode Ivy Lee: Strategi Meningkatkan Produktivitas yang Berusia Ratusan Tahun

17 Maret 2023 07:00 WIB

Penulis: Rumpi Rahayu

Editor: Ananda Astri Dianka

5 Langkah Menerapkan Metode Ivy Lee: Strategi Meningkatkan Produktivitas yang Berusia Ratusan Tahun (Wikipedia)

JAKARTA - Pada awal abad ke-20, Amerika memiliki seorang public relation yang juga seorang pengusaha sukses bernama Ivy Ledbetter Lee atau sering dipanggil Ivy Lee.

Karena kehebatanya banyak perusahaan besar yang menggunakan jasanya konsultasinya seperti Standard Oil. Hingga di tahun 1918, pemiliki Bethlehem Steel Corporation, perusahaan pembuat kapal terbesar dan produksi baja terbesar kedua di AS bernama Charles Schwab mengundang Ivy Lee untuk berkonsultasi tentang bagaimana cara meningkatkan produktivitas timnya.

Lee meminta waktu 15 menit untuk berbincang empat mata dengan manager-manager di perusahaan Scwab. Setelahnya Lee menjelaskan metode produktivitasnya kepada setiap manager dalam waktu masing-masing 15 menit.

Saat Schwab bertanya berapa tarif yang harus ia bayar, Lee menjawab bahwa Schwab tidak perlu membayar sekarang. Namun, tiga bulan lagi setelah hasil metodenya telah tampak.

Tiga bulan kemudian, Schwab mendatangi Lee dan menuliskan cek sebesar US 25.000 atau setara US 400.000 hari ini. Ia merasa sangat puas dengan metode yang disarankan Lee dan bisnisnya mengalami kemajuan yang sangat pesat.

Metode Ivy Lee bekerja dengan mengoptimalkan daftar pekerjaan Anda yang telah diprioritaskan dengan disiplin.

Langkah melakukan metode Ivy Lee sangatlah mudah

1. Menuliskan enam tugas di malam hari

Di akhir hari kerja Anda, sebelum beristirahat tuliskan enam tugas yang ingin Anda selesaikan keesokan harinya. Anda hanya boleh menuliskan enam saja. Jangan lebih dari itu. Melansir dari laman website businessinsider, langkah ini membantu Anda untuk menghilangkan keragu-raguan dan membuang-buang waktu keesokan harinya. Sehingga Anda menjadi lebih produktif saat jam kerja Anda telah mulai.

2. Urutkan sesuai prioritas

Prioritaskan enam tugas tersebut. Urutkan dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting. Masih melansir dari laman website businessinsider, langkah ini membantu memaksa Anda untuk membuat keputusan sulit.

3. Fokus pada tugas urutan atas

Saat Anda sudah memasuki jam kerja di keesokan harinya, fokuslah untuk mengerjakan tugas pertama. Jangan mengerjakan hal lain hingga tugas pertama Anda selesai.

4. Pindah ke tugas kedua

Setelah tugas pertama selesai, Anda dapat berpindah ke tugas kedua, dan seterusnya. Jika ada tugas yang masih belum selesai juga maka tuliskan tugas tersebut ke daftar enam tuga suntuk dikerjakan keesokan harinya.

5. Ulangi

Ulangi proses ini setiap hari. Sehingga produktivitas Anda akan meningkat karena Anda mampu fokus pada tugas yang hanya benar-benar penting dan relevan untuk pekerjaan Anda.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai metode Ivy Lee. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait