5 Kualitas Diri Agar Menjadi Entrepreneur Sukses

24 Agustus 2021 03:05 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Sukirno

Pekerja mengenakan busana formil jas, kemeja, dan berdasi layaknya pekerja kantoran memproduksi tahu di industri rumahan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kawasan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin, 14 Desember 2020. Foto : Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA -- Bisnis adalah seni, dan tidak semua orang tahu untuk menguasai seni itu. Beberapa orang memiliki kualitas bawaan untuk menjadi pengusaha sukses, sedangkan yang lainnya lahir dari proses belajar dan bekerja untuk mengembangkan kualitas itu.

Pada prinsipnya dalam menjalankan bisnis, tidak penting deskripsi mana yang paling cocok untuk seseorang karena setiap orang dapat memperoleh manfaat ketika terus meningkatkan kualitas dirinya.

Mengutip Sixvertical, sekiranya ada lima karakteristik yang mendorong seseorang untuk sukses menjadi entrepreneur.

1. Motivasi dan passion yang teguh

Kualitas pertama dan terpenting dari seorang pengusaha sukses adalah passion yang dapat diartikan sebagai gairah atau semangat.

Tidak ada seorang pun yang dapat mencapai apa pun jika mereka tidak memiliki semangat untuk mencapai tujuan yang ingin diraihnya.

Hasil dari passion adalah motivasi. Motivasi itu muncul di benak seorang saat ia mengambil tugas baru dan mempelajari hal-hal baru untuk mencapai tujuan tertentu.

Motivasi membuat darah terus mengalir, dan membantu entrepreneur untuk tetap berharap dan mengatasi rintangan saat ia maju menuju atau mendekati tujuannya.

Inilah sebabnya mengapa seorang pengusaha sukses bersemangat dan termotivasi dalam tugas atau peran yang sama sekali baru.

2. Disiplin diri

Selain passion, disiplin adalah salah satu karakteristik paling penting dari seorang entrepreneur yang sukses.

Jika seorang entrepreneur mampu menyelesaikan tugas-tugas penting, entah bisa atau tidak, maka dia akan dapat mencapai kesuksesan yang lebih tinggi pula.

Disiplin diri pada dasarnya berarti menguasai batin dan emosi batin untuk membangkitkan rasa tanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan, yang memupuk pengarahan diri.

3. Kemampuan mengambil risiko

Entrepreneurship adalah tentang mengambil risiko. Pengusaha memiliki kemampuan untuk mengambil risiko yang lebih besar untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Meski begitu, harus diketahui bahwa tetapi tidak semua pengambil risiko adalah pengusaha yang sukses.

Seorang pengusaha sukses tahu kapan harus mengambil risiko dan risiko mana yang akan menguntungkan atau merugikan bagi perusahaan atau dirinya sendiri.

Semua pengusaha merencanakan sebelum mengambil risiko dan membuat rencana B (jika terjadi kerugian dalam rencana awal) dan menetapkan dasar yang sesuai profil risiko.

4. Berpikir kreatif

Pengusaha sukses adalah pemikir kreatif dengan banyak ide yang terus mengalir di benaknya. Mereka tidak berhenti berpikir, membaca dan mencoba hal-hal baru.

Kemampuan ntuk memikirkan berbagai ide baru ini membantu seorang entrepreneur untuk memulai berbagai jenis bisnis dengan cara yang unik dan kreatif.

5. Kegigihan

Ketekunan adalah kualitas paling dasar dan esensial dari seorang pengusaha sukses karena bahkan pengusaha yang baik pun mengalami kegagalan dan rintangan.

Tetapi dengan ketekunan, Anda dapat bangkit kembali dan terus bergerak menuju tujuan yang telah ditetapkan.

Kiranya, lima kualitas ini akan membantu menjadi pengusaha sukses yang Anda cita-citakan. Carilah kualitas-kualitas ini dalam diri Anda, dan teruslah maju setiap hari untuk kepentingan diri sendiri dan perusahaan.*

Berita Terkait