5 Kilang dengan Produksi Minyak Terbesar di Indonesia

01 Mei 2022 09:38 WIB

Penulis: Debrinata Rizky

Editor: Laila Ramdhini

Larangan Ekspor CPO Berlaku, Ini 5 Kilang Minyak Terbesar di Indonesia (null)

JAKARTA - Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya kekayaan alam berupa cadangan minyak bumi. Proses pengolahan minyak bumi menjadi produk bahan bakar minyak biasanya dilakukan di kilang minyak.

Kilang minyak merupakan pabrik atau fasilitas industri yang digunakan untuk mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan maupun produk-produk lain yang menjadi bahan baku industri petrokimia.

Namun tahukah Anda mana saja yang termasuk kedalam kilang minyak terbesar di Indonesia? Berikut TrenAsia.com rangkum 5 kilang minyak terbesar di Indonesia.

1. Kilang Cilacap

Kilang Cilacap atau Kilang Refinery Unit IV Cilacap merupakan kilang minyak yang memiliki fasilitas terlengkap dan memiliki produksi terbesar yaitu 348.000 barrel per hari.

Kilang ini memasok 34% kebutuhan BBM nasional atau 60% kebutuhan BBM yang ada di Pulau Jawa.

Selain itu, kilang Cilacap merupakan satu-satunya kilang di tanah air yang memproduksi aspal dan base oil untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur di tanah air.

2. Kilang Balikpapan

Kilang Balikpapan atau kilang Refinery Unit V Balikpapan terletak di tepi teluk kota Balikpapan, kilang minyak ini memiliki kapasitas 260.000 barel per hari. Kilang satu ini memasok sekitar 26% kebutuhan BBM di Indonesia.

Tugas kilang minyak Balikpapan adalah mengolah minyak mentah menjadi produk produk yang siap dipasarkan yaitu BBM seperti produk BBM seperti Premium, Solar, Pertadex, dan Pertamax, serta non BBM seperti Smooth Fluid 05 dan LPG dan non BBM.

3. Kilang Musi Sumatera Selatan

Refinery Unit Kilang minyak plaju berlokasi di tepi sungai Musi, Sumatera Selatan. Kilang minya ini memiliki kapasitas mencapai 127.300 barel per harinya.

Produk yang dihasilkan kilang minyak ini anatara lain Premium Karosene, Solar, Fuel Oil, LPG, Avtur, Pertalite, Pertamax, hingga Pertamax Racing.

4. Kilang Dumai Riau

Kilang minyak ini menghasilkan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Non Bahan Bakar Minyak (NBBM) dengan kapasitas sebesar 127.000 barel per hari yang didistribusikan ke berbagai pelosok tanah air hingga mancanegara.

5. Kilang Balongan

Kilang minya terbesar yang terakhir, berlokasi di Indramayu, Jawa Barat. Kapasitas produksi kilang minyak Balongan mencapai 125.000 barel per hari.

Memiliki wilayah operasi di Balongan, Mundu dan Salam Darma, kilang ini memproduksi seperti Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina DEX, Kerosine (Minyak Tanah), LPG, Propylene. 

Berita Terkait