5 Kesalahan Pengelolaan Keuangan di Usia 20-an yang Harus Dihindari

03 September 2021 06:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

5 Kesalahan Pengelolaan Keuangan di Usia 20-an yang Harus Dihindari (Freepik.com/Freepik)

JAKARTA - Ketika Anda membuat perencanaan anggaran keuangan jangka panjang, mungkin Anda sempat untuk mencoba membuat perubahan pada anggaran Anda. Hal ini bisa terjadi karena kondisi keuangan yang berubah, atau Anda melakukan beberapa kesalahan pengelolaan uang yang berdampak pada perubahan kondisi keuangan Anda.

Ada beberapa kesalahan pengelolaan keuangan yang kerap dilakukan saat orang-orang berusia 20-an tahun. Jadikan kesalahan tersebut sebagai sebuah pelajaran, sehingga Anda tidak akan mengalaminya kembali.

Berikut beberapa kesalahan pengelolaan keuangan yang kerap dilakukan saat berusia 20-an.

1. Tidak Memiliki Asuransi Kesehatan

Saat ingin mencari pilihan untuk menghemat uang, biasanya orang-orang atau bahkan Anda akan menjatuhkan pilihan untuk tidak memiliki asuransi kesehatan. Apalagi jika Anda termasuk orang-orang yang jarang sekali harus pergi ke dokter, bahkan hingga satu tahun atau lebih.

Hal ini dapat membuat banyak orang menjadi terlena, dan tidak ingin membuang uang untuk sesuatu yang tidak akan digunakan. Padahal, hal ini bisa menjadi bom waktu untuk Anda suatu saat nanti. Ya, meski kita selalu ingin tetap sehat dan sebisa mungkin asuransi kesehatan itu tidak digunakan sama sekali, kita tidak mengetahui apa yang terjadi suatu saat nanti.

2. Tidak Membuat Rencana yang Matang

Selalu berpikir bahwa segala sesuatu akan berhasil secara ajaib dan mulus tanpa perencanaan sebelumnya merupakan sesuatu hal yang naif. Anda akan tetap berada di posisi dan pendapatan yang sama atau lebih buruk pada tahun depan, jika Anda tidak pernah atau tidak memiliki rencana yang solid serta tidak mengikuti anggaran yang sudah tertulis setiap bulannya.

Anda perlu mempersiapkan diri jika ingin mendapatkan hal-hal yang Anda inginkan. Anggaran adalah suatu metode yang memudahkan Anda untuk mengendalikan keuangan. Hal tersebut memudahkan Anda untuk menentukan kapan dan bagaimana Anda membelanjakan uang. Penting juga untuk menyadari bahwa anggaran bukanlah suatu istilah yang buruk, dan bahwa rencana keuangan justru akan membantu Anda mencapai untuk mencapai tujuan.

3. Terlalu Mengandalkan Kartu Kredit

Jika Anda hanya menggunakannya sesekali, mungkin hal ini masih bisa dimaklumi. Akan tetapi, hal ini bisa berbahaya jika Anda telah terbiasa untuk selalu mengandalkan kartu kredit.

Anda akan menumpuk utang dalam waktu yang singkat, dan mungkin di akhir tahun nanti Anda tidak memiliki apa-apa untuk membayarnya. Oleh karena itu, sebaiknya selalu simpan dana darurat agar tidak perlu menggunakan kartu kredit jika Anda sedang dalam keadaan yang sangat darurat.

Anda juga perlu membuat tujuan untuk berhenti menggunakan kartu kredit sepenuhnya untuk tahun depan. Jika Anda masih menggunakannya, maka segeralah untuk melunasi secara penuh pada setiap akhir bulan.

4. Menunda Memiliki Tabungan Pensiun

Saat Anda masih berusia 20-an, tampaknya Anda masih memiliki waktu yang panjang sebelum masa pensiun itu tiba. Oleh karena itu, semakin banyak Anda menabung untuk dana pensiun, maka semakin banyak uang yang akan Anda dapatkan nanti.

5. Mendapat Tekanan untuk Segera Mengambil Langkah Besar 

Ketika Anda memutuskan untuk menikah, mengambil perubahan karier, atau membeli rumah, maka Anda juga harus siap dengan perubahan yang akan terjadi pada hidup Anda. Anda juga satu-satunya orang yang dapat memutuskan kapan waktu yang tepat untuk membuat keputusan tersebut.

Terkadang, banyak orang yang membuat keputusan secara terburu-buru padahal sebenarnya belum terlalu siap. Jika Anda belum siap, mungkin Anda akan membenci dan menyesali keputusan yang Anda buat. Oleh karena itu, sebaiknya rencanakan kehidupan Anda mulai dari sekarang.

Berita Terkait