5 Kebiasaan yang Baik untuk Dapatkan Kebebasan Finansial

04 Agustus 2021 14:06 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

5 Kebiasaan yang Baik untuk Dapatkan Kebebasan Finansial

JAKARTA - Kesuksesan memang membutuhkan kerja keras. Termasuk kesuksesan dalam finansial, membutuhkan kebiasaan baik agar tetap aman dan tercapai tujuannya.

Memiliki kebiasaan baik dalam hal finansial ini akan membantu Anda untuk mengelola keuangan lebih baik. Berikut kebiasaan finansial yang bisa Anda lakukan mulai sekarang.

1. Merencanakan Masa Depan
Orang yang sukses dalam finansialnya tidak pernah terlambat membayar tagihan apapun karena mereka selalu terorganisir dan tahu apa yang harus dibayar dan kapan. Mereka tahu tagihan mereka dan memastikan tagihan tersebut dibayar tepat waktu untuk mencegah biaya keterlambatan atau denda. Mereka menghindari kejutan yang tidak menyenangkan, dan meskipun mereka tahu bahwa uang terkadang dapat dihabiskan untuk pengeluaran tak terduga, mereka memastikan untuk merencanakannya melalui anggaran yang berbeda.

2. Hidup Sesuai Anggaran
Orang yang sukses secara finansial tidak pernah hidup dengan kredit. Mereka tidak membeli suatu barang yang di atas kemampuan mereka dan tentu saja tidak menjalani gaya hidup mewah dengan pendapatan rendah. Mereka memahami nilai uang dan percaya pada investasi sistematis untuk mencapai tujuan besar dan kecil tanpa banyak tekanan.

3. Penganggaran Adalah Cara Hidup
Anda harus tahu persis berapa yang harus Anda keluarkan selama sebulan. Oleh karena itu, Anda bisa membuat anggaran dalam waktu satu bulan tersebut dan menjalani gaya hidup tidak melampaui anggaran yang telah ditetapkan.

4. Tepat Waktu Membayar Utang
Orang yang sukses tahu berapa biaya uutang mereka saat itu dan membayar utang yang paling mahal terlebih dahulu. Mereka juga tahu perbedaan antara utang yang paling banyak dan utang yang bertahan lebih lama. Pilih kebiasaan ini, sehingga memberi Anda ruang untuk mewujudkan impian Anda dan tidak tenggelam dalam stres/hutang.

5. Mengutamakan Investasi
Kebiasaan berinvestasi merupakan kebiasaan baik yang perlu dilakukan. Meski tetap memegang teguh pada anggaran yang ketat, tidak membuang banyak uang untuk diri sendiri, Anda juga tetap harus memikirkan pilihan investasi apa yang tepat dan menguntungkan.

Berita Terkait